Pengertian Disipilin Diri Dan Maknanya

Pengertian Disipilin Diri Dan Maknanya


Istilah disiplin berasal dan bahasalatindiscere yang herarti belajar. Dan kata dasar ini timbul kata discipulus yang artinya murid atau pelajar. dan katadisciplina yang berarti pengajaran atau latihan. Kata disiplin digunakan dalarn beberapa pengertian. pertama disiplin di artikan sebagai kepatuhan terhadap peraturan atau tunduk pada pengawasan atau pengcndalian. Dalam kamus Webster, kata disiplin mempunyai pengertian berikut ini.


  1. Disiplin diartikan sebagai kepatuhan terhadap peraturan atau tunduk pada pengawasan atau pengendalian.
  2. Disiplin diartikan sebagai latihan yang bertujuan mengemhangkan watak agar dapat mengendalikan diri, berprilaku tertib. dan efisien.
  3. Disiplin berarti suatu sistem peraturan atau metode berperilaku (inisalnyabagi suatu ordo atau sekte keagamaan).
  4. Disiplin berarti hukuman atau koreksi terhadap seseorang yang melanggar ketentuan peraturan yang dilakukan rnelalui latihan atau dengan jalan mendera.
  5. Disiplin diartikan sebagai hasil latihan pengendalian diri agar berperi laku tertib.
  6. Disiplin berarti cabäng ilmu pengetahuan atau segala sesuatu yang diajarkan.
Pada hakikatnya disiplin itu hagian dan pendidikan karena tanpa disiplin tidak akan ada pendidikan dan pendidikan merupakan safli proses yang perlu dibiasakan pelaksanaannya, seperti norma-norma yang dianggap haik dan herlaku dalam masyarakat. Kaitan lain antara disiplin dan pendidikan ialah hahwa disiplin yang semula sebagai prasyarat dalam proses pendidikan (belajar) pada akhirnya akan menjadi baku dan membudaya sehingga disiplin merupakan hasil dan pendidikan. Manusia dalam sikap dan perbuatannya dituntut untuk membina dan menegakkan 3jenis disiplin, yakni disiplin diri, disiplin sosial. dan disiplin nasional.

Benikut ini merupakan makna dan herbagai disiplin tersebut. Disiplin diri pada hakikatn ya adalah kemampuan mengendalikan diri, muncul dan hati nurani individu untuk senantiasa mematuhi semua peraturan dan tata tertib yang berlaku dalam kehidupan. Sikap mental disiplfri diri itumuncul tidak dengan sendirinya, tetapi melalui suatu proses panjang yang dimulai sejak masih kanak-kanak hingga dewasa. Dengan kata lain disiplin diri terbentuk melalui pernbiasaan dan pengalaman. Oleh karena itu, membiasakan disiplin sjak dirii adalah cara terbaik untuk membentuk disiplin diri.

Sebenarnya orang yang memiliki disiplin adalah orang yang mampu mengendalikan diri. Orang yang disiplin, artinya orang yang di dalam dirinya memiliki kesadaran tidak merasa terpaksa, bahkan dalam melakukan sesuatu itu sudah menjadi kebiasaan dalam sikap dan perbuatannya sehari-hari. inisalnya:
  1. tidak terlambat sekolah:
  2. tidak pernah meninggalkan ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa;
  3. membiasakan antre, baik di jalan raya, Puskesmas, saat masuk kelas, dan sebagainya;
  4. memakai helm apabila mengendarai motor;
  5. helajar, makan, bekerja, tidur dan bermain dikerjakan dengan tertib dan teratur;
  6. senantiasa mengerjakan pekerjaan rumah.
Apabila kebiasaan-kebiasaan ini telah lekat dan membudaya di dalam dirinya maka orang tersebut memiliki disiplin diri.
Sumber Pustaka: Grafindo Media Pratama