Pengertian Ikhlas Dan Kejujuran Terhadap Sesama Bangsa Dan Negara

Pengertian Ikhlas Dan Kejujuran Terhadap Sesama Bangsa Dan Negara



Ikhlas dapat diartikan sebagai perbuatan tanpa pamrih atas dasar sukarela dan tulus hati. Keikhlasan merupakan suatu sikap dan perbuatan yang dapat dilakukan secara perseorangan maupun kelompok. Sikap dan perbuatan tersebut sangat luhur, terpuji, dan merupakan kebajikan yang tidak ternilai harganya.

Dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. kita hendaknya mengembangkan sikap ikhlas dalam menjalankan tugas dan kewajiban. Atas dasar keikhlasan itu. berarti kita telah bersikap mengabdi terhadap sesama masyarakat, bangsa dan negara. Agama mengajarkan kepada umatnyauntuk berbuat dan bertindak dengan penuh keikhlasan. Kita melaksanakan ibadah semata-mata karena mengharapkan rida Tuhan Yang Maha Esa.



Pengertian Kejujuran


Kejujuran, artinya apa yang dilakukan seseorang sesuai dengan hati nuraninya dan norma-norma peraturan yang ada. Jujur berarti pula menepati janji atau menepati kesanggupan, baik yang berbentuk kata-kata maupun yang masih ada dalani hati atau batin.

Sikap keikhlasan dan kejujuran sangat penting artinya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Dengan mengembangkan sikap ikhlas dan jujur, berarti kita menegakkan kebenaran dan keadilan. Sebaliknya, sikap pembohong, penipu, pendusta, pemfitnah. dan petyelewengan adaIah sikap-sikap yang dapat merusakkan kehidupan berhangsa dan bernegara. Di samping itu, sikap suka bohong, curang. menyeleweng, dan menipu jelas merupakan sikap yang tidak terpuji kaiena sjka itu merendahkan keluhuran nilai kemanusiaan, merendahkan nilai-nilai kebenaran dan keadilan. Kebenaran dan keadilan akan dapat ditegakkan apabila kita bersikap ikhlas dan jujur. Dengan demikian, jangan mengharapkan tegaknya kebenaran dan keadilan apabila tidak ada sikap ikhlas dan jujur.

Landasan pelaksanaan keikhlasan dan kejujuran dalam masyarakat Indonesia, antara lain:
  1. Pancasila;
  2. norma-norma agama;
  3. norma adat dan budaya serta norma kesusilaan/kesopanan;
  4. norma hukum.
Dengan landasan norma-norma tersebut, keikhlasan dan kejujuran itu merupakan kewajiban bagi kita untuk melaksanakannya dalam segala aspek kehidupan.
Sumber Pustaka:  Grafindo Media Pratama