Pengertian Islah Serta Tetang Perbuatannya

Pengertian Islah Serta Tetang Perbuatannya



Asal kata islah memiliki arti = saleh—berbuat saleh atau perintah berbuat saleh. Sedangkan menurut istilah islah ialah berusaha mengadakan perbuatan baik berupa membantu saudara yang tertimpa musibah dan meringankan persoalan yang terjadi atau mendamaikan yang sedang berselisih dengan cara yang seadil-adilnya.


Tentang Berbuat Islah


Islah akan dapat dilakukan apabila dalam din manusia ada rasa kebersamaan, persamaan hak hidup, dan persamaan derajat di sisi Allah swt. Dalam ajaran Islam secara umum disebut ikhwan yaitu persaudaraan, secara khusus disebut ukhuwah islamiyah yaitu persaudaraan dalam Islam (saudara sesama manusia dan saudara seagama).

Ditegaskan dalam firman Allah swt.:

“Dan jika ada dua golongan dari orang-orang mukmin berperang maka damaikanlah antara keduanya. Jika salah satu dan kedua golongan itu berbuat aniaya terhadap golongan yang lain maka perangilah golongan yang berbuat aniaya itu sehingga golongan itu kembali kepada perintah Allah; jika golongan itu telah kembali (kepada perintah Allah), maka damaikanlah antara keduanya dengan adil dan berlaku adillah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil.” (QS. Al-Hujurat: 9)

Jelas bahwa persaudaraan menyebabkan orang dapat berbuat islah. Tanpa rasa persaudaraan, orang akan mudah bertindak semena-mena terhadap sesama, bahkan terhadap yang seagama. Bagaimana seseorang akan berbuat islah, sementara ia sendiri menciptakan permusuhan.

Dalam hadis dilukiskan tentang hubungan antara orang mukmin sebagai satu tubuh. Jika salah satu anggota tubuh menderita sakit maka otak dan hati menyuruh syaraf-syaraf lain untuk berusaha mencari obat penyembuh agar seluruh tubuh kita sehat dan dapat bekerja dengan sebaik-baiknya. Singkatnya, berlaku islah sebagaimana dicontohkan dalam firman Allah:

Mereka menanyakan kepadamu tentang (pembagian) harta rampasan perang. Katakanlah: “Harta rampasan perang itu kepunyaan Allah dan rasul sebab itu bertakwalah kepada Allah dan perbaikilah perhubungan di antara sesamamu, dan taatlah kepada Allah dan rasul-Nya jika kamu adalah orang-orang yang beriman.” (QS. Al-Anfal: 1)
Sumber Pustaka: Bumi Aksara