Pengertian Sistem Pertahanan Keamanan Rakyat Semesta Dan Sifatnya

Pengertian Sistem Pertahanan Keamanan Rakyat Semesta Dan Sifatnya



Dalam mencapai tujuan nasionalnya, bangsa Indonesia akan selalu menghadapi berbagai ancaman, balk yang datangnya dan dalam maupun dan luar negeri. Ancaman yang dihadapi bangsa Indonesia akan melibatkan atau berdampak pada seluruh rakyat Indonesia. Oleh karena itu, ancaman tersebut harus dihadapi oleh seluruh rakyat Indonesia pula. Keterlibatan seluruh komponen masyarakat disebut sistem pertahanan keamanan rakyat semesta, atau biasa disingkat sistem Hankamrata.

Sebagaimana yang tertuang dalam UU No.20 Tahun 1982 tentang Ketentuan-Ketentuan Pokok Pertahanan Keamanan Negara Republik Indonesia. Upaya pertahanan keamanan diwujudkan daam sistem Hankamrata dengan mendaya gunakan sumber daya nasional dan prasarana nasional secara menyeluruh. terpadu, terarah, adil, dan merata serta diselenggarakan oleh pemerintah dan dipersiapkan secara dini.



Berdasarkan uralan di atas, hakikat pertahanan keamanan negara adalah perlawanan rakyat semesta, yang penyelenggaraannya didasarkan pada kesadaran akan tanggung jawab tentang hak dan kewajiban warga negara serta berdasarkan keyakinan dan kekuatan sendiri, keyakinan akan kemenangan. dar tidak kenal menyerah balk penyerahan din maupun wilayah.

Sifat-Sifat Perlawanan Rakyat Semesta



Perlawanar rakyat semesta memiliki sifat-sifat sebagai berikut.
  • Kerakyatan
Kerakyatan yatu keikutsertaan seluruh rakyat atau warga negara sesuai dengan kemampuan dan keahliannya dalam komponen kekuatan pertahanan keamanan negara.
  • Kesemestaan
Kesemes:aan yaitu seluruh daya bangsa dan negara mampu memobilisasikan din guna menanggulangi setiap bentuk ancaman balk dan luar negeri mau pun dart dalam negeri.
  • Kewilayahan
Kewilayahan yaitu seluruh wilayah negara merupakan tumpuan perlawanan dan segenap hngkungan didayagunakan untuk mendukung setiap bentuk perlawanan secara benlanjut.
Sumber Pustaka: Aneka Ilmu