Penilaian Pola Hidup Modern Dalam Kaitannya Dengan Pola Hidup Sederhana

Penilaian Pola Hidup Modern Dalam Kaitannya Dengan Pola Hidup Sederhana



Kemerdekaan suatu bangsa mengandung panggilan untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Pola hidup modem perlu diterapkan dalam usaha mencapai kesejahteraan umum dan kecerdasan bangsa. Pola hidup modem adalah perubahan sosial yang mengarah pada sistem sosialdan kehidupan masyarakat yang maju. Proses ini mencakup seluruh kehidupan ekonoini, sosial, politik, dan budaya.

Proses perubahan masyarakat di negara kita tidak perlu berlangsung sama seperti yang pemah dilalui olehnegara-negara maju, tetapi tujuannya agaksama, yaitu suatu perubahan sosial budaya yang memungkinkan rakyat dapat menikmati kelayakan hidup yang lebih baik. Di Indonesia perubahan hidup untuk lebih baik masih tetap berdasar pada pandangan hidup dan dasar negara Pancasila.



Dalam menuju pola hidup modem diperlukan beberapa sikap, yaitu
  1. tidak pasrah kepada nasib dan keadaan alam;
  2. ingin tahu hukum-hukum alam dan sosial;
  3. tidak lekas puas diii, tetapi justru terangsang untuk berusaha lebih keras;
  4. berjiwa maju, ingin terus menyempurnakan keadaan sosial, sistem ekonomi, dan politik.
Hal-hal yang perlu dihindari dalam pola hidup modem adalah sikap seperti percaya tahayul; berpegang pada tradisi usang; puas akan hasil yang ininimal; mengharuskan segalnya dan atasan; cenderung mencari jalan mudah; mengutamakan gengsi daripada prestasi; dan tidak suka perubahan ke keadaan baru. Mengingat masih banyak rakyat kita yang iniskin dan pemerataan di segala bidang masih jauh dan kenyataan, hidup hemat dan sederhana perlu dipraktikkan, dalam anti menggunakan kekayaan/modal untuktujuan-tujuan produktif sehingga bisa membantu meningkatkan taraf hidup orang banyak.

Supaya hidup modem dengan pola hidup sederhana dihayati oleh seluruh rakyat Indonesia dibutuhkan teladan kaum elite. Akan tetapi, pola hidup sederhana tidak hanya masalah orango-rang kaya saja, tetapi juga menjadi concern seluruh komponen bangsa.
Sumber Pustaka: Yudhistira