Pentingnya Kesadaran Hukum Bagi Masyarakat

Pentingnya Kesadaran Hukum Bagi Masyarakat



Men gapa kesadaran hukum sangat penting bagi man usia dalam hidup bermasyarakat? Seperti telah dijelaskan di atas, manusia dilahirkan mempunyai sifat, karakter, bakat, kemauan, dan kepentingan yang berbeda-beda satu sama lain. Sebagai makhluk sosial, manusia membutuhkan lingkungan masyarakat, bangsa, dan negara.

Lingkungan masyarakat merupakan tempat untuk mengembangkan dir beribadah, bekerja sama, bergaul, dan mencari nafkah guna memenuhi kebutuhannya. Namun, perbedaan kepentingan dan kemauan seseorang dengan yang lainnya seringkali bertabrakan. Hal mi dapat menimbulkan lingkungan pergaulan yang tidak harmonis, tidak tertib, tidak tenteram, dan tidak aman. Karena itu, untuk mencegah terjadinya hal-hal negatif tersebut diperlukan suatu hukum yang mengatur pergaulan dan mengembangkan sikap kesadaran untuk menjalani hukum.



Kesadaran hukum terdiri dan dua kata dasar, yaitu sadar dan hukum. Sadar berarti ingat, tahu, dan paham akan sesuatu. Hukum berarti peraturan yang mengatur pergaulan hidup dalam masyarakat dan mempunyai daya mengikat yang bertujuan memelihara ketertiban dan ketenteraman Dengan demikian, kesadaran hukum dapat diartikan sebagai kesadaran seseorang atau suatu kelompok masyarakat kepada aturan-atu ran atau hukum yang berlaku.

Kesadaran hukum sangat diperlukan bleh suatu masyarakat. Hal ini bertujuan agar ketertiban, kedamaian, ketenteraman, dan keadilan dapat diwujudkan dalam pergaulan antarsesama. Tanpa memiliki kesadaran masyarakat yang tinggi, tujuan tersebut sangat sulit dicapai. Terjadinya tindakan kriminal, perampasan, pengrusakan, kesewenang-wenangan, korupsi, kolusi, dan nepotisme di masyarakat kita belakangan mi disebabkan oleh kesadaran hukum yang lemah. Di kalangan pelajar pun demikian, terjadinya tawuran antarpelajar mengisyaratkan kurang tumbuhnya kesadaran pelajar terhadap hukum. Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, kesadaran hukum juga mempunyai peranan penting yang hams dimiliki oleh setiap warga negara. Tanpa kesadaran hukum, baik dan pemerintah maupun masyarakat, tujuan pembangunan akan sulit dicapai.

Akibat lemahnya kesadaran hukum, kehidupan masyarakat akan menjadi resah, tidak tenteram, dan sulit mencapai kesejahteraan. Oleh karena itu, kita hendaknya mengembangkan sikap sadar terhadap hukum. Ingat sebuah peribahasa yang mengatakan, “dimana bumi dipijak, di situ langit dijunjung.” Artinya di manapun berada, kita harus menaati peraturan yang berlaku.

Kesadaran perlu ditanamkan sejak dini yang berawal dan lingkungan keluarga, yaitu setiap anggota keluarga melatih dirinya memahami hak-hak dan tanggung jawabnya terhadap keluarga, menghormati hak-hak orang lain, dan menjalankan kewajibannya sebelum menuntut hak. Apabila hal mi dapat dilakukan maka ia pun akan terbiasa menerapkan kesadaran yang telah dimilikinya dalam lingkungan yang lebih luas, yaitu lingkungan masyarakat dan bahkan negara.
Sumber Pustaka: Cempaka Putih