Pentingnya Lembaga Keagainaan Berdasarkan Hukurn Nasional Bagi Kehidupan Masyarakat

Pentingnya Lembaga Keagamaan Berdasarkan Hukum Nasional Bagi Kehidupan Masyarakat



Telah dijelaskan di atas bahwa keberadaan lembaga keagarnaan adalah untuk men janlin setiap umatnya dalam menjalankan ibadah. Lembaga keagamaan berfungsi membina masyara kat untuk menjadi baik dan teratur sehingga terwujud masyarakat yang damai, tertib, tenteram, dan sejahtera. Adanya kelembagaan akan mengatur kehidupan ulnat heragama di Indonesia dan mengembangkan sikap hormat-menghormati antara pemeluk-pemeluk agama yang berheda-beda sehingga tercipta kerukunan hidup di antara umat heragania. Kerukunan Umat beragama meliputi kerukunan umat seagarna, kerukunati antarumat beragama, dan kerukunan antar umat beragama dengan pemerintah.



Setiap manusia Indonesia percaya dan mengakui nilai moral sila Ketuhanan Yang Maha Esa. Nilai ini ineruakan dasarcita-cita kenegaraun hangsa Indonesia, Peraturan-peraturan yang baik bagi masyarakat dan pemerintahan negara pada hakikatnya tidak boleh menyilnpang (Ian jalan yang lurus untuk mencapai kehahaiaan rakyat dan keselamatan masyarakat, perdarnaian dunia, serta persaudaraan bangsa-bangsa. Dengan herdasarkan pada nilai Ketuhanan Yang Maha Esa, negara meiniliki dasar yang kuat dalam membina kehidupan masyarakat ke jalan kebenaran, keadilan, kebaikan, kejujuran, dan persaudaraan.

Keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa memiliki peran dalam memantapkan kekuatan rohani dan mental dalam melaksanakan pembangunan nasional. Keimanan dan ketakwaan merupakan tenaga penggeiak yang tidak ternilai harganya bagi pengisian aspirasi bangsa. Kepercayaan dan keyakinan bangsa atas kebenaran falsafah Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bemegara merupakan modal sikap mental yang dapat membawa bangsa menuju cita-citanya.
Sumber Pustaka: Yudhistira