Pentingnya Peran Serta Warga Negara Sebagai Insane Sosial Politik Dalam Demokrasi

Pentingnya Peran Serta Warga Negara Sebagai Insane Sosial Politik Dalam Demokrasi



Semangat dan isi pasal 28 UUD 1945 merupakan pengamalan sila kedtia dan keempat, yaitu mengakui dan menjamin hak asasi manusia atas dasar kesamaan dalam bidang politik organisasi. dan dalam pengajuan pendapat. UUD 1945 dan peraturan perundang-undangan lainnya, menjamin sepenuhnya kepada warga negara untuk dapat mengemukakan pandangan, pemikiran, dan gagasan secara bebas. Namun, kebebasan itu bukanlah berarti semau kita sendiri, tidak peduli hal itu dapat merugikan oráng lain, masyaakat, bangsa, dan negara. Kebebasan yang demikian itu tidak sesuai denganjiwa kepribadian bangsakita yang selalu mencari keseimbangan, keserasian, dan keselarasan.



Peran Serta Warga Negara Dalam Melaksanakan Demokrasi Pancasila


Peran serta warga negara dalam memantapkan pelaksanaan Demokrasi Pancasila, di antaranya adalah dengan mengembangkan budaya politik yang menjunjung tinggi hal-hal berikut mi:
  1. semangat kebersamaan:
  2. kekeluargaan;
  3. keterbukaan yang bertanggung jawab.
Dengan adanya pola hidup kekeluargaan pada masyarakat jika ditinjau dan kepentingan untuk persatuan bangsa maka pola hidup kekeluargaan mi sangat menunjang terwujudnya persatuan hangsa, karena:
  1. dapat menumbuhkan solidaritas antarsesama warga sehingga dapat terhindar dan perpecahan;
  2. dengan adanya penghargäan terhadap orang lain maka akan terdapat sikap saling menoloiig dan meringankan kesulitan hidup serta dapat menunjang proses pemantapan kehidupan bermasyarakat.
Dengan adanya pola hidup kekeluargaan akan rnenumbuhkan rasa tanggung jawab timbal balik, juga dapat rnenyeimbangkan gerak langkah individu dan masyarakat sehingga perikehidupan yang seimbang akan terwujud.
Sumber Pustaka: Grafindo Media Pratama