Peran Serta Generasi Muda Dalam Membina Persatuan Dan Kesatuan Bangsa

Peran Serta Generasi Muda Dalam Membina Persatuan Dan Kesatuan Bangsa



Pemuda merupakan generasi pewaris nilai-nilai luhur budaya dan penerus cita-cita perjuangan bangsa serta insan pembangunan yang produktif. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa generasi muda mempunYai, fungsi sebagai penerus, pengemban, dan pelestari nilai-nilai serta cita-cita bangsa.

Fungsi Generasi Muda


Generasi muda sekarang merupakan generasi pemilik masa depan. Sebagai pemilik masa depan, para pemuda tentunya perlu berbekal sikap dan perilaku yang selaras dengan jiwa persatuan dan kesatuan bangsa Jika tidak, mereka dikhawatirkan tidak akan mampu mempertahankan keutuhan bangsa dan negara tatkala tampil menggantikan generasi pendahulunya. Di sinilah perlunya peran serta mereka dalam membina persatuan dan kesatuan.



Tantangan hidup pada masa mendatang bisa dipastikan lebih besar dibandingkan masa sekarang. Jika tidak mampu menghadapinya, kita akan terombangambing oleh gelombang yang datang. Oleh karena itu, persatuan dan kesatuan bangsa idealnya bertambab kokoh dan mantap, jika ingin keberadaannya diperhitungkan bangsa Iain.Generasi muda sebagai bagian dan masyarakat menempati kedudukan sentral. Mereka diharapkan mampu menjadi pelaku-pelaku pembangunan yang memiliki wawasan kebangsaan (nasionalisme) dan patriotisme yang tinggi.

Karakteristik Generasi Muda Harapan


Untuk lebihjelasnya, dapat kita simak contoh sikap dan perilaku generasi muda yang memiliki wawasan kebudayaan dan patriotisme, berikut ini:
  1. mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta menghindari penonjolan suku, agama, atau golongan yang dapat menimbulkan perpecahañ;
  2. mengutamakan kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau golongan;
  3. menghindari perbuatan yang merugikan negara seperti kolusi, korupsi, dan nepotisme;
  4. setia kawan dan saling tolong menolong dengan sesama;
  5. saling menghargai antarsesama warga negar walaupun berbeda suku, agama atau golongan;
  6. memiliki idealisme, patriotisme, dan harga din;
  7. berkepribadian dan berdisiplin;
  8. penuh kreasi dan mandiri;
  9. memiliki semangat bekerja keras, kepemimpinan, dan kepeloporan.
Pada masa sekarang dan yang akari datang, pemuda dan pemudi adalah generasi muda yang diharapkan oleh para pendahulu bangsa untuk memajukan bangsa karena di tangan generasi mudalah cita-cita bangsa ini akan terwujud. Wujud nyata yang harus dilakukan oleh generasi muda sekarang adalah dengan belajar lebih giat lagi dan tidak terpengaruh oleh hal-hal yang negatif,karena pada saat ini tidak dapat kita pungkiri lagi banyak generasi muda yang sudah terpengaruh oleh närkotika dan obat-obatan terlarang yang sekarang ini sudah merambah pada lingkungan sekolah.

Semoga dalam menghadapi inilleniurn yang ke-3 ini yang sering disebursebagai abad 21 akan meningkatkan kewaspadaan para generasi muda untuk berperan aktif dalam mengisi pembangunan di masa yang akan datang dengan penuh harapan, sehingga tujuan mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 akan cepat tercapai.
Sumber Pustaka: Grafindo Media Pratama