Peran Serta Generasi Muda Dalam Melaksanakan Keikhlasan Dan Kejujuran

Peran Serta Generasi Muda Dalam Melaksanakan Keikhlasan Dan Kejujuran



Generasi muda perlu dibina dan diarahkan agar dapat menjadi pelopor pembangunan yang berada di garis depan. Dilihat dan aspek regenerasi, generasi muda merupakan generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa yang telah dirintis oleh generasi sebelumnya. 

Agar dapat melaksanakan fungsinya sebagai penerus cita-cita perjuangan bangsa, pembinaan dan pengembangan generasi muda sangat penting dan perlu dilaksanakan secara terencana, terpadu dan berkesinambungan sehingga mereka benar-henar dapat menjadi kader-kader pemimpin bangsa yang tangguh dan bertanggung jawab terhadap kelangsungan hidup bangsa dan berkesinambungan dalam pembangunan nasional.



Ciri-Ciri Generasi Muda


  1. kemurnian idealismenya;
  2. keberanian dan keterbukaannya dalam menyerap nilai-nilai dan gagasan baru;
  3. semangat pengabdiannya;
  4. spontanitas dan dinamikanya;
  5. inovasi dan kreativitasnya;
  6. keinginan-keinginan untuk segera mewujudkan gagasan-gagasan baru;
  7. keteguhanjanjinya dan keinginan untuk menampilkan sikap dan kepribadian yang mandiri.
Sikap ikhlas danjujur yang dimiliki oleh generasi muda akan mewarnai tingkat pergaulannya dan menghasilkan sikap yang terpuji dan merupakan ciri pemuda harapan bangsa, negara, dan agama, baik pada masa sekarang. maupun masa yang akan datang. Pemuda yang ikhlas dan jujur adalah pemuula yang penuh tanggungjawab baik dalam kelurga, sekolah, maupun masyarakat. Karena kepedulian sosialnya terhadap lingkungan masyarakat, ia dapat memberikan sesuatu yang berarti untuk pembangunan dan kepentingan orang banyak sehingga semboyan pemuda harapan bangsa dapat dibuktikan secara nyata. Fungsi generasi muda dalam pembangunan, antara lain.
  • Generasi muda harus menyiapkan din agar pada waktunya nanti dapat melanj utkan pelaksanaan pembangunan. Untuk itu, para pemuda hams belajar dengan giat, mencari pengalaman sebanyak-banyaknya, serta mencari keahlian setinggi-tingginya dalamberbagai bidang pembangunan.
  • Generasi muda harus ikut serta dalam pembangunan. Hal ini berarti bahwa, selain belajar, para pemuda dituntut pula agar turut serta secara aktif dan positif dalam pembangunan. Keikutsertaannya itu dapat bermanfaat bagi pemuda, masyarakat, dan bangsa Indonesia.
Sumber Pustaka: Grafindo Media Pratama