Peran Serta Lembaga Keagamaan Bagi Peningkatan Dan Pengembangan Diri, Kepentingan Umum, Berbangsa, Dan Bernegara

Peran Serta Lembaga Keagamaan Bagi Peningkatan Dan Pengembangan Diri, Kepentingan Umum, Berbangsa, Dan Bernegara



Lembaga-lembaga keagamaan perlu diupayakan untuk membina para pemeluknya dalam rangka meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Umat yang takwa akan melahirkan manusia-manusia yang baik dan beriman sehingga tercipta warga negara yang tahu hak dan kewajiban, baik sebagai makhluk individu maupun sebagai makhluk sosial.

Dalam menghadapi berhagai pennasalahan khidupan di zaman teknologi tinggi pada ahad modern sekarang ini, niaka setiap saat kita perlu meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa agar terhidar dari berhagai bahaya yang nierusak dirm sendiri, masyarakat, serta bangsa dan negara. Semakin rneningkat dan meluasnya pembangunan kehidupan beragama harus mampu meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan. Sarana yang diperlukan bagi pengembangan kehidupan beragama juga hartis tenis ditambah dan ditingkatkan kualitasnya, termasuk sarana pendidikan agarna pada sernua jalur, jenis, dan jenjang pendidikan sesuai dengan tingkat kebutuhan dan perkembangan kehdupan inasyarakat.



Keberadaan leinbaga keagarnaan memberikan rasa arnan bagi setiap warga negara dan uniat beragama agar dapat beribadah kepada Tuhan Yang Mahakuasa dengan leluasa tanpa diliputi rasa ketakutan kepada pihak lain. Setiap umat heragama clapat selalu meningkatkan dan mengembangkan Diri dalam mempelajani dan memahami serta melaksanakan agama yang dianutnya dalam rangka meningkatkan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Apabila ketenteraman menjalankan agama sudah baik, dengan sendirinya kepentingan umum akan tercipta, tidak akan tenjadi kegaduhan, keributan, dan sal ing menyalahkan. Selanjutnya keamanan, kedamaian, dan ketenangan dalam masyarakat akan terbina dengan baik.

Terhina dan terpeliharanya kerukunan hidup umat heragama di Indonesia akan memberikati manfaat bagi kita semua, antara lain terpeliharanya kepentingan umum dan huhungan silaturahmi antarsesarna umat sernakin baik. Di samping itu warga negara saling menghargai, tolongm enolong, dan bantu-membantu satu sama lain membantu niewujudkan tujuan peinbangunan nasional.
Sumber Pustaka: Yudhistira