Perkembangan Nasionalisme Dalam Era Globalisasi Dan Pembangunan Nasional

Perkembangan Nasionalisme Dalam Era Globalisasi Dan Pembangunan Nasional



Semangat nasionalisme melahirkan pendirian untuk menghorrnati kemerdekaan bangsa lain, tidak ada keinginan untuk menjajah hangsa lain, tetapi ingin bekerja sama dengan bangsa lain tanpa membedakan sistern politik, sosial, atau sistem ekonomi yang dianut bangsa lain.

Perkembangan nasionalisme Indonesia saat ini harus mengacu pada era globalisasi. Globalisasi merupakan istilah bentukan dan kata global, sedangkan istilah global sendiri diambil dan kata globe, yakni model tiruan buini atau model hola buini. Dalam kaitan ini, globe berarti dunia sehingga kata global mengandungarti mendunia. Dengan deinikian, glohalisasi dapat diartikan sebagai, suaw proses menjadikan sesuatu mendunia.



Dan Wawasan Kebangsaan, globalisasi menumbuhkan kesadaran bahwa kita merupakan. warga dan suatu masyarakat global dan dapat mengambil manfaat darinya. Di pihak lain, semakin tumbuh pula doiongan untuk lebih melestarikan dan memperkuat identitas kebangsaan.

Oleh karena itu timbullah keinginan untuk rnclaksanakan pembudayaan masyarakat Indoiesia yang modern, tetapi tetap meiniliki landasan kepribadian pada dasar-dasar kepribadian bangsa.

Beberapa upaya yang dãpat dimantapkan rasa nasionalisme pada era globalisasi di antaranyaialah:

  1. mengembangkan suatu sistern pendidikan yang relevan dengan tuntutan globalisasi, yaitu suatu sistem pendidikan yangmencerdaskan kehidupan bangsa, menyiapkan sumber daya manusia produktif dan rneningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berlandaskan kepribadian bangsa;
  2. menciptakan saling pengertan dan pemahaman antansuku hangsa, etnis, agama, dan antargolongan sebagai upaya menanamkan kesadaran nasional.
Sumber Pustaka: Grafindo Media Pratama