Perlunya Mengatasi Berbagai Hambatan Dan Pelaksanaan Disiplin Nasional

Perlunya Mengatasi Berbagai Hambatan Dan Pelaksanaan Disiplin Nasional


Masih sering munculnya berbagai pelanggaran dalam kehidupan masyarakat menunjukkan kesadaran warga masyarakat kita terhadap disiplin nasional masih perlu ditingkatkan. Berbagai pelanggaran dan penyimpangan tersebut perlu diatasi agar tidak meluas dan mengganggu ketertiban serta rnenghambat kelancaran jalannya pembangunan nasional.

Untuk mengatasi berbagai hambatan dalam pelaksanaan disiplin nasional iperlukan langkah-langkah menanamkan disiplin di lingkungan keluarga,masyarakat, bangsa dan negara melalui berbagai cara, di antaranya:


  1. peningkatan pendidikan formal masyarákat:
  2. penyuluhan dan pengawasan;
  3. peraturan yang jelas dan mudah dipahami;
  4. pembinaan terhadap para pelanggar disiplin;
  5. penindakan yang jelas terhadap para pelanggar.
Disiplin nasional adalah disiplin yang ditegakkan secara sadar dan bersifat nasional oleh segenap aparatur negara dalam rangka melaksanakan tugas masing-masing yang harus dipertanggungjawabkan kepada bangsa dan negaranya. Disiplin nasional ialah disiplin yang ditegakkan dengan sadar dan bersifat nasional oleh segenap warga negara dalam rangka melestarikan dan membangun bangsa dan negaranya yang dipertanggungjawabkan secara moral langsung kepada Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan Pancasila, UUD 1945, dan rasa ketakwaan melalui agama yang dianutnya masing-masing.

Aparatur negara cakap dan memegang teguh disiplin nasional, seluruh warga masyarakat memiliki disiplin nasional yang tinggi maKa negara hukum yang dernokratis konstitusional akan tegak dengan sempurna. Sejauh mana disiplin nasional ini kita tegakkan derni peningkatan kesejahteraan hidup kita bersama sebagai sesarna bangsa Indonesia yang sama-sama kita cintai ini? Jawabnya ada di dalam hati kita masing-masing, ytitu sudahkah kita dapat memahaini pentingnya ditegakkan disiplin nasional ini.

Untuk mengukur secara formal apakah disiplin nasional telah ditegakkan di negara kita oleh setiap manusia Indonesia secarajujur, kita harus hertanya kepada din sendiri, yaitu sudah kita berusahasa untuk mencerininkan jiwa Pancasila danmenaati ketentuan-ketentuan UUD 1945 secara murni dan konsekuen dalarn pergaulan hidup sehari-hari.
Sumber Pustaka: Grafindo Media Pratama