Semua Rasul Adalah Utusan Allah SWT

Semua Rasul Adalah Utusan Allah SWT



Rasul berasal dan bahasa Arab, rasuul, yang artinya utusan. Kata jamaknya rusul, yang artinya para utusan. Menurut istilah, rasul adalah seorang laki-laki mulia yang menenima wahyu dan Allah untuk diamalkan sendiri dan disampaikan kepada umatnya. Apabila wahyu yang ditenima dami Allah hanya untuk dirinya sendini, ia disebut nabi. Iman kepada rasul artinya mempercayai bahwa rasul adalah orang yang diutus dan ditugaskan Allah untuk menyampaikan ajarannya kepada umatnya, untuk dijadikan pedoman hidup.

Kepatuhan dan ketaatan kepada rasul diperintahkan dalam ajaran Islam. Bahkan kita diperintahkan agar selalu menjalankan dan meyakini kebenaran nisalah yang dibawanya.



Dalam kehidupan sehari-hari kita lihat, tidak sedikit orang yang menyatakan kekagumannya, kehormatannya, dan cintanya kepada rasul melalui iktibaknya yaitu selalu mengucapkan shalawat atas beliau. Adapun wujud kecintaan umat kepada rasulnya yaitu dengan melakukan yang benikut ini.

  • Memuliakan dan mengucapkan shalawat kepada beliau.
  • Mengerjakan segala sesuatu yang. diperintahkan dan menjauhi segala sesuatu yang dilarang.

Firman Allah:

“Apa yang diberikan rasul kepadamu maka terimalah dia dan apa yang dilarangnya bagimu maka tinggalkanlah.” (QS. Al-Hasyr: 7)

  • Tidak akan membalas dengan kebencian terhadap para rasul.
Dalam hal ini Allah menegaskan bahwa semua rasul adalah utusan (Allah), maka kamu sekalian hendaknya meyakini apa yang diceritakan di dalam AlQ uran.

Firman Allah:

“Dan sesungguhnya telah Kami utus beberapa orang rasul sebelum kamu, di antara mereka ada yang Kami ceritakan kepadamu dan di antara mereka ada (pula) yang tidak Kami ceritakan kepadamu.” (QS. Al-Mukmin: 78)

Jumlah rasul yang namanya tercantum di dalam Al-Quran dan wajib diimani oleh setiap muslim ada 25 orang. Keduapuluh lima orang itu adalah Adam, Idris, Nuh, Hud, Shaleh, Ibrahim, Luth, Ismail, Ishak, Ya’qub, Yusuf, Ayyub, Syu’aib, Harun, Musa, Ilyasa, Dzulkifli, Daud, Sulaiman, Ilyas, Yunus, Zakaria, Yahya, Isa, dan Nabi Muhammad.

Di luar kedua puluh lima rasul tersebut, masih ada rasul-rasul yang tidak diceritakan Allah. Menurut riwayat salah satu hadis jumlah rasul yang tidak termaktub di dalam Al-Quran ada 313 orang.
Sumber Pustaka: Bumi Aksara