Sifat Keramahtamahan Sebagai Salah Satu Ciri Khas Kehidupan Bangsa Indonesia

Sifat Keramahtamahan Sebagai Salah Satu Ciri Khas Kehidupan Bangsa Indonesia



Sifat ramah tarnah sebagai salah satu ciri khas kehidupan bangsa Indonesia tercermin dalam Pancasila, khususnya sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, yang dapat diuraian berikut ini.
  1. Kemanusiaan. berasal diri kata manusia, yaitu makhluk berhudi yang memiliki potensi pikir, rasa, karsa, dan cipta. Karena potensi itu. manusia mendiduki dan memiliki martabat yang tinggi. Dengan akal budinya, manusia menyadari nilai-nilai luhur dan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat. Kemanusiaan berarti sifat manusia yang selaras dengan identitas dan martabatnya sebagai makhluk yang mulia.
  2. Adil mengandung arti suatu kepuusan dan tindakan yang selalu berdasarkan norma-norma yang objektif, dan tidak sewenang-wenang.
  3. Beradab berasal dan kata adab. yang berarti budaya. jadi beradab berarti herbudaya. Hal ini mengandung arti bahwa sikap hidup, keputusan, dan tindakan selalu didasarkan pada nilai-nilai budaya, terutama norma sosial dan kesusilaan (moral). Adab mengandung pengertian tta kesopanan, kesusilaan atau moral.


Dengan deinikian, beradab dapat ditafsirkan sebagai dasar nilai-nilai kesusilaan atau moralitas khususnya dan kebudayaan umumnya. Manusia berbudaya ialah makhluk beradab yang cita-cita, rasa, karsa, dan karyanya. sarat akan guna dan manfaat disertai rasa tanggung jawab terhadap diri, sesama. masyarakat, bangsa, dan negaranya serta tcrhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Dan uraian tersebut. Kemanusiaan yang adil dan beradab dapat diartikan sebagai kesadaran sikap dan perbuatan manusia yang didasarkan pada potensi hati nurani manusia yang berhuhungan dengan norma-norma dan kebudayaan umumnya, baik terhadap din pribadi, sesama manusia, maupun terhadap alam Iingkungannya. Atas dasar pandangan kemanusiaan tensehut maka pandangan bangsa Indonesia terhadap manusia tidak menghcndaki adanya penindasan manusia oleh manusia maupun bangsa terhadap bangsa lain secara lahiriah maupun batiniah.

Bangsa Indonesia dikenal memiliki kepribadian dan sifatramah-tamah, laparigdada. beijiwa besar, kekeluargaan, saling menghargai, saling menghormati, dan suka menolong. Kita adalah bangsa yang penuh dengan raa kekeluargaan dan kegotong-royongan. Sifat kepiibadian bangsa kita lainnya yang cukup menonjol dalamtatanan pergaulan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bemegara, antara lain sebagai beiikut.

Religius


Bangsa Indonesia meyakini Tuhan sebagai Maha Pencipta dan Pengayom alam sernesta. Kepada-Nya manusia menaruh kpercayaan dan harapan bagi kehidupan di dunia dan kelak sesudahmati sehingga agama menjadi motivasi spiritual, semangat, dan tekad dalarn membina kehidupan yang serasi, selaras, dan seimbang.

Percaya pada Din Sendiri


Percaya pada din sendiri menunjukkan pribadi bangsa Indonesia yang teguh, ajek dengan prinsip, danjati dirinya. Kita memilikiketahanan yang tinggi dan percaya pada keampuandan kekuatan sendiri dengan bersendikan nilai-nilai luhur Pancasila.

Kasih Sayang


Bangsa Indonesia suka bergaul dengan bangsa lain tanpa memandang status sosil agama, ras atau suku serta bahasanya.

Saling Menolong dan Gotong Royong


Saling menolong dan kegotongroyongan adalah sifat bangsa Indonesia, yakni kesadaran, keikhlasan, dan kerelaan membantu orang/bangsa lain tanpa pamrih karena didorong rasa tanggungjawab moral. Kebersamaan meinikul tanggung jawab dalarn bentuk gotong royong akan meringankan beban bagi yang terkena musibah, bencana, atau sedang mengalaini kesusahan.

Saling Menghargai


Bangsa Indonesia menyadari bahwa manusia diciptakan Tuhan mempunyai harkat dan derajat yang sama. Kenyataan inilah yang mendorong bangsa Indonesia mau rnenghargai sesama manusia meskipun berbeda keturunan, agama, ideologi. pandangan hidup maupun prinsip-prinsip dalam kehidupannya.

Lapang Dada dan Suka Musyawarah


Sifat bangsaIndonesia selalu berusaha maksimal, namun dengan berjiwa besar mampu menghadapi kenyataan hidup, termasuk dalam mènyelesaian masalah apa pun yang dihadapi bersama. Bangsa Indonesia berusaha semaksimal mungkin menyelesaikan masalab melalui pendekatan kekeluargaan atas dasar kehendak bersama yang diputuskan dengan kebulatan suara (mufakat).

Memiliki Integritas (Semangat Persatuan) yang Tinggi Terhadap Keluarga dan Lingkungan


Kepribadian bangsa yang senantiasa siap membela dan ingin menyatu dalam satu kesatuan wadah negara Republik Indonesia melahirkan semangat patriotisme dan nasionalisme. Rasa cinta tanah air dan bangga terhadap bangsa dan negara serta mau bekerja sama dengan bangsa lain, semakin memperkukuh integritas bangsa. Hal ini diahadikan tidak saja uituk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, tetapi kepeduliannya terhadap lingkungan nasional maupun internasional dalam rangka mewujudkan ketertiban dan perdamaian dunia.
Sumber Pustaka: Grafindo Media Pratama