Sikap Dan Penlaku Yang Dapat Merugikan Bangsa Indonesia

Sikap Dan Penlaku Yang Dapat Merugikan Bangsa Indonesia



Selain hal tersebut, berikut ini beberapa sikap dan perilaku yang dapat merugikan persatuän dan kesatuan bangsa.

Kemerosotan nilai upacara


Upacara merupakan cara suatu bangsa untuk memelihara disiplin din, memelihara rasa cinta terhadap bangsa dan tanah air, menghormati para pahlawan, menunjukkan kesetiaan terhadap peraturan dan pemerintah. Jika terjadi kemerosotan nilai upacara berarti bergesernya nilai-nilai upacara.



Kemerosotan nilai nyanyian


Musik dan nyanyian kita dapat menuangkan rasa estetis, menumbuhkan rasa keindahan, melukiskan keaclaan tanah air, juga menggambarkan kebudayaan nasional.,Jika terjadi kenierosotan nilai musik dan nyanyian maka rasa estetis, etika, dan budaya sudah menurun.

Kemerosotan sejarah


Sejarah merupakan bukti, data, dan fakta perkembangan suatu negara yang perlu dipahami dan dihayati oleh generasi penerusnya. Oleh karena itu, kebenaran sejarah harusdijaga obyektifitasnya supaya tidak terjadi manipulasi.dan kemerosotan nilai moral sejarah perjuangan bàngsa.

Kemerosotan kebajikan


Kebajikan adalah perbuatan tingkah laku yang nilainya lebih tinggi dan nilai kebaikan. Kebajikan mi menyangkut ikap, perilaku, nilai, dan moral dalam wujud kehidupan sehari-hari maka harus tetap kita ditegakkan.

Kemerosotan kesi,silaan yang beradab


Kesusilaan menyangkut nilai baik dan benarnya moral serta budi pekerti manusia yang beradab. Artinya, pola hidupnya sesuai dengan norma-norma dan peraturan perundangundaflgafl yang berlaku. Jika terjadi kemerosotannilai maka pola hidup manusia akan kembali ke masä-maSa primitif.

Kemerosotan penghormatafl terhadap orang tua


Hormat terhadap orang tua sangat dianjurkan dalam agama dan norma-norma kehidupan karena orang tualah yang membiña, membimbing, dan mengasuh anaka naknya sampai bisa hidup mandiri. Orang tua pun menjaga fisik material dan mental spiritual anak-anaknya. Keridaan Tuhan Yang Maha Esa ada pada keikhlasan dan keridaan orang tua, maka rasa hormat terhadap orang tua harus tetap dipelihara karena merupakan jalan menuju keridaan Tuhan.

Kemerosotan persaudaraan


Persaudaraan atau kekeluargaan merupakan das.ar persatuan dan kesatuan. Demi tegaknya persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, sikap persaudaraan harus dipelihara dan ditegakkan agar kelangsungan hidup bangsa tetap terjaga.

Kemerosotan kesetiaan


Kesetiaan adalah kepatuhan dan ketaatanyang disertai kecintaan, patuh, dan taat terhadap perundangundaflgafl dan pemerintah. Kesetiaan terhadap bangsa dan negara diperlukan supaya negara dapat berdiri kokoh dan kuat.

Kemerosotan terhadap kebijakan


Kebijakan adalah aturan-aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk mengatur lancarnya roda pemerintahan. Kalau teijadi kemerosotan kebijakan, dengan kata lain, rakyat tidak lagi setia dan patuh terhadap pernenintah. Hal mi akan mengakibatkan hancurnya pemenintahan.

Untuk menjaga kelangsungan hidup bangsa dan negara RI, berbagai kemerosotan nilai dan moral harus dihindani terutama para generasi muda harus bisa mengendalikan din, dan pengaruh yang bisa merusak din bangsa dan negara.
  • Kenakalan remaja dalam inasalah sosial
  • Kenakalan remaja dalain penyimpangan terhadap norma kemasyarakatan
  • Kenakalan remaja dalam penyalahgunaan narkotika, alkohol, morfin, ectasy, shabu-shabu, dan zat adiktif lainnya.
  • Adänya kecenderungan meniru budaya asing yang tidak sesuai dengan budaya bangsa Indonesia
  • Sikap hidup yang berlebihan atau rnewah
  • Sikap hidup pergaulan bebas (free-sex)
  • Kebebasan individualisme
  • Sekularisme, yaitu sikap yang hanya mementingkan unsur keduniawian yang bertentangan dengan bangsa Indonesia yang religius.
Untuk menjaga kelangsungan hidup bangsa dan negara Ri, berbagai kemerosotan nilai dan moral harus dihindani dan bisa mengendalikan din, dan pengaruh yang bisa merusakkan din, bangsa. dan negara. Generasi muda sebaiknya menghindani perilaku yang dapat merugikan pensatuan dan kesatuan bangsa. 

Faktor yang menjadi latar belakang penyebabnya, antara
  1. kurangnya keharmonisan keluarga;
  2. krisis ke 4.ini bawaan orang tua;
  3. hubungan-hubungan yang tidak komurnkatif di dalarn keluarga;
  4. kurangnya sosial kontrol orang tua;
  5. kurang percaya hukum atau kebingungan atas pilihan norma;
  6. konsumenisme;
  7. masalah putus sekolah;
  8. kurangnya lapangan pekeijaan dan urbanisasi
Banyak sekali kerugian yang diakibatkan oleh kenakalan remaja, baik untuk dirinya sendiri, keluarga, masyarakat, dan bahkan negara pada umumnya. Masalah yang perlu dipecahkan sekarang adalah bagairnana cara menanggulangi kenakalan remaja mi. Beberapa penanggulangan kenakalap remaja dapat dilakukan, di antaranya: melalui peranan agama,orang tua, dan sekolah. Dalam hal ini agama memiliki peranan dalam menanamkan sikap hidup beragama, memberi pengertianagai remaja menghayati segala norma agama yang dipatuhinya dengan konsekuen. Hanya dengan landasan beragama, para remaja tidak sekadar hidup. tetapi segala kehidupan yang di)alaninya untuk sesuatu yang luhur.

Peranan orang tua zaman sekarang harus lebih cermat dan hati-hati dalam mendidik anak. Orang tua penlu bersikap terhuka tentang segala persoalan keluarga sehingga anak merasa sebagai bagian yang punya anti yang harus turut bertanggung jawab terhadap keluarganya. Onang tua perlu memberi contoh tentang hidup rukun, da jujur, sopan dan dernokiatis sehingga menjadi sumber motivasi bagi anak-anaknya. Perann sekolah. selain mendidik dan membina remaja. secara peniodik sekolah perlu mengadakan razia tentang, bukU/gamban/V(2D porno, minurnan keras dan obat-obatan terlarang. Sekolah penlu mengembangkan kreativitas remaja dalam berbagai kegiatan ekstra kurikuler, seperti PMR. OSIS, Pramuka, kesenian. olahuaga, kegiatan keagamaan, dan sebagainya.
Sumber Pustaka: Grafindo Media Pratama