3 Definisi Tingkat Manajemen Dan Penjelasannya

3 Definisi Tingkat Manajemen Dan Penjelasannya



Secara umum manajer berarti setiap orang yang mempunyai tanggung jawab atas bawahan dan sumber daya-sumber daya organisasi lainnya. Seperti halnya sudah dibahas tadi manajemen ada di semua organisasi maka manajer pun dapat ditemukan di semua tipe organisasi. Ada banyak tipe manajer dengan tugas-tugas dan tanggung jawab yang berbeda-beda. Menurut tingkatan manajemen dalam organisasi, manajer dibagi menjadi tiga golongan berbeda, yaitu:



Manajer Lini-Pertama


Tingkatan paling rendah dalam suatu organisasi atau perusahaan yang memimpin dan mengawasi tenaga-tenaga operasional disebut manaj emen liniJgaris pertama (first line atau first level). Para manajer dalam tingkatan mi disebut dengan kepala atau pimpinan (leader), mandor (foreman), dan penyelia (supervisor). Contohnya adalah mandor dalam pabrik, kepala seksi yang langsung membawahi tenaga pengetik dan tenaga administrasi dalam kantor yang besar atau penyelia teknik dalam suatu perusahaan otomotif.

Manajer Menengah (Middle Manager)


Manajer menengah dapat meliputi beberapa tingkatan dalam suatu organisasi. Para manajer menengah membawahi dan mengarahkan kegiatan-kegiatan para manajer lainnya atau bias juga karyawan operasional. Sebutan lain untuk manajer menengah adalah manajer departemen, atau kepala pengawas (superintendents). Sebagai contoh, kepala bagian yang membawahi beberapa kepala seki atau kepala subdivisi perusahaan yang membawahkan beberapa kepala bagian.

Manajer Puncak (Top Manager)


Klasifikasi manajer tertinggi mi terdiri atas sekelompok kecil eksekutif. Manajer puncak bertanggung jawab atas keseluruhan manajemen organisasi perusahaan. Tugasnya memimpin organisasi atau perusahaan secara keseluruhan dan memimpin para manajer agar dapat membentuk tim kerja yang baik. Sebutan khusus untuk para manajer puncak adalah presiden direktur, kepala divisi, dan sebagainya.
Sumber Pustaka: Fakultas Ekonomi UI