4 Faktor Yang Mendorong Perdagangan Internasional

4 Faktor Yang Mendorong Perdagangan Internasional



Mengapa suatu negara melakukan perdagangan intenasional? Perdagangan internasional dapat terjadi karena beberapa alsan, antara lain:

Adanya Perbedaan Harga


Perbedaan ini memungkinkan suatu negara membeli (mengimpor) barang-barang luar negeri dengan harga yang lebih murah daripada produksi dalam negeri, dan menjual (mengekspor) produk-produknya ke luar negeri dengan harga yang lebih tinggi daripada dijual di dalam negeri. Perdagangan luar negeri sering timbul karena adanya perbedaan harga. Lalu, bagaimana perbedaan harga ini bisa terjadi? Faktor apakah yang menentukan penetapan harga oleh produsen?



Setujukah kamu bahwa harga sangat ditentukan oleh biaya produksi, seperti upah, biaya modal, sewa tanah, biaya bahan mentah, dan efisiensi dalam proses produksi? Nah, biaya produksi untuk menghasilkan suatu jenis barang tertentu sering berbeda antara satu negara dengan negara lain. Perbedaan ini disebabkan keragaman dalam jumlah, jenis, kualitas, serta cara-cara mengombinasikan faktor-faktor produksi tersebut. Perbedaan harga inilah yang menjadi fàktor pendorong timbulnya perdagangan antarnegara.

Keanekaragaman Kondisi Geografis


Perhatikanlah gambar di samping. Mungkin bagimu pohon pisang adalah buah-buahan yang sangat biasa dan mudah ditemui. Namun, seandainya berada di negara Eropa seperti Inggris atau Prancis, kamu akan sangat sulit menemukan pohon pisang. Sulitnya menemukan pohon pisang bukan berarti kamu tidak bias menyantap pisang di sana. Perdagangan internasional memungkinkan suatu negara membeli barang-barang yang tidak bisa diproduksi di dalam negeri karena adanya perbedaan kondisi geografis.

Penghematan Biaya


Alasan ketiga adalah timbulnya Increasing Returns to Scale, yaitu penurunan biaya karena skala produksi yang lebih besar. Banyak proses produksi yang telah menikmati skala yang ekonoinis, artinya proses produksi tersebut cenderung meiniliki biaya rata-rata yang relatif rendah ketika volume produksi ditingkatkan. Cara apa yang lebih baik untuk meningkatkan keuntungan selain menjualnya ke negara lain?

Perbedaan Selera


Permintaan suatu barang di suatu negara sangat ditentukan oleh selera. Sekalipun kondisi produksi di semua negara serupa, setiap negara mungkin akan melakukan perdagangan jika selera penduduknya berbeda. Contohnya, negara A dan negara B menghasilkan daging sapi dalam jumlah yang hampir sama. Tetapi, karena masyarakat negara A tidak menyukai daging sapi sedangkan masyarakat negara B tidak menyukai daging ayam, maka keduanya dapat melakukan perdagangan internasional.
Sumber Pustaka: Fakultas Ekonomi UI