4 Syarat-Syarat Wirausaha Dan Penjelasannya

4 Syarat-Syarat Wirausaha Dan Penjelasannya



Setiap orang yang mempunyai usaha pasti berkeinginan usahanya maju pesat. Untuk itu selalu ada perjuangan berat dan wirausahawan agar bisa berhasil. Ada beberapa kemampuan yang menjadi syarat wirausaha agar usahanya sukses, yaitu:

Mau Bekerja Keras dalam Menekuni Usaha yang Ditangani


Untuk ukuran kerja keras, biasanya yang dipergunakan adalah jumlah jam kerja yang dijalani setiap orang, khususnya wirausaha. Seorang wirausaha harus memiliki semangat kerja yang tinggi dan tidak kenal menyerah agar usahanya berhasil. Dengan kemauan keras, kerja keras dan ketekunan pasti hasil yang dicapai juga baik.



Mempunyai Modal yang Memadai


Pengertian modal ini sangatlah relatif dan sangat tergantung dan cita-cita dan dasar kemampuan seorang wirausaha. Walaupun modal yang dimiliki seorang wirausaha cukup besar, tetapi jika tidak disertai kemampuan dan kemauan wirausaha maka usahanya tidak bisa berkembang. Walaupun seorang wirausaha memiliki modal yang tidak seberapa tetapi dia mampu mengelola usahanya dengan baik maka modal dan usahanya pasti terus berkembang.

Mampu Mengalkulasi Harga Pokok, Harga Jual, dan Untung/Rugi


Suatu kegiatan usaha sekecil apa pun ukurannya pasti akan mengevaluasi seluruh aktivitas yang telah dilakukannya selama kurun waktu tertentu. Hal ini dilakukan dengan cara melihat kherja akhir keuangannya. Keahlian yang perlu dimiliki oleh seorang wirausaha untuk dapat mengontrol dan menjalankan usahanya dengan baik adalah menghitung harga pokok, harga jual dan untung/rugi.

Mempunyai Pengetahuan dan Kemampuan Mengembangkan Usaha


Sikap-sikap yang menunjang pengetahuan dall kemampuan mengembangkan usaha
antara lain.

  • Pen galaman

Permulaan usaha yang sederhana akan memberi landasan yang baik bagi perkembangan usaha selanjutnya. Seorang wirausaha bisa belajar dan pengalaman-pengalaman yang telah dilaluinya karena pengalaman adalah guru yang terbaik.

  • Kemandirian

Kemandirian memungkinkan seseorang berani berbuat secara bersih dan mampu mempertanggungjawabkannya.

  • Fleksibilitas

Kepekaan terhadap barang, mode, selera, dan kecenderungan baru di pasar peril dilatih bagi seorang wirausaha. Kemampuan ini perlu dilengkapi pula dengan kemampuan menyesuaikan din dengan kondisi yang baru terbentuk.

  • Keuletan

Wirausaha yang ulet dalam mencari dan membuka pasar bagi produknya diperlukan dalam perkembangan suatu usaha.
Sumber Pustaka: Fakultas Ekonomi UI