5 Faktor Yang Memengaruhi Pembangunan Ekonomi

5 Faktor Yang Memengaruhi Pembangunan Ekonomi



Pembangnnan Ekonomi suatu negara dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain:

Sumber Daya Alam


Faktor ini meliputi sumber daya alam yang dapat diperbarui dan sumber alam yang tidak dapat diperbarui. Negara yang keadaan alamnya kaya raya memungkinkan pertumbuhan Ekonominya cepat jika dikelola atau diusahakan dengan baik. Kekayaan alam contohnya adalah tanah yang subur, laut yang kaya akan hasil laut, lahan yang banyak mengandung hasil tambang, dan sebagainya.



Jumlah dan Kualitas Penduduk


Sumber daya manusia (penduduk) merupakan faktor produksi yang penting dalam menjalankan kegiatan Ekonomi, sehingga mendorong adanya pertumbuhan Ekonomi.

Penduduk yang jumlahnya besar menyediakan tenaga kerja yang memadai. Penduduk yang berkualitas mendorong laju pertumbuhan Ekonomi. Sebaliknya, penduduk yang besar tetapi kurang berkualitas dapat menghambat pertumbuhan Ekonomi. Meningkatkan kualitas penduduk inilah yang disebut meningkatkan sumber daya manusia sebagaimana tujuan pendidikan nasional kita.

Barang Modal dan Tingkat Teknologi


Ketersediaan barang modal dan teknologi merupakan faktor yang dapat mempertinggi efisiensi produksi barang dan jasa, sehingga menghasilkan kemajuan. Jadi. pertambahan barang modal dan teknologi modern mempercepat laju pertumbuhan Ekonomi.

Sistem Sosial dan Sikap Masyarakat


Sistem sosial dan sikap yang berorientasi atau menitikberatkan pada kerja keras, pengembangan usaha, dan meningkatkan pendapatan dan keuntungan mendorong pertumbuhan Ekonomi ke arah kemajuan. Sebaliknya, sikap masyarakat yang pemalas, tidak mau bekerja keras, suka menunggu bantuan dan pemerintah mengakibatkan pertumbuhan Ekonomi terhambat.

Tersedianya Pasar yang Luas


Tersedianya pasar yang luas merupakan peluang besar untuk meraih pendapatan yang tinggi. Pasar yang luas juga mendorong produktivitas tinggi. Sebaliknya, pasar yang terbatas akan menghambat pertumbuhan Ekonomi. Seperti yang sudah dipelajari sebelumnya, perluasan pasar dapat dicapai melalui ekspor.
Sumber Pustaka: Fakultas Ekonomi