Bagaimana Proses Terbentuknya Harga Pasar Dan Contohnya

Bagaimana Proses Terbentuknya Harga Pasar Dan Contohnya


Harga pasar dapat dicapai melalui proses kesepakatan antara pembeli dan penjual. Pembei mengajukan perinintaan, sedangkan penjual mengajukan penawaran. Kedua belah pihak melakukan tawar menawar.
  1. Apabila harga terlalu rendah, jumlah yang diininta akan tinggi, sedangkan jumlah yang ditawarkan akan rendah. Akibatnya, muncul dorongan untuk menaikkan harga.
  2. Sebaliknya, apabila harga terlalu tinggi, jumlah yang diminta akan rendah, sedangkan jumlah yang ditawarkan akan tinggi. Akibatnya, muncul dorongan untuk menurunkan harga agar barang dan jasa yang ditawarkan dapat diterima pasar.
Kedua proses tersebut berlangsung terus sampai diperoleh tingkat harga di mana jumlah barang dan jasa yang diminta persis sama dengan jumlah barang dan jasa yang ditawarkan. Tabel di bawah ini memperlihatkan penawaran dan perinintaan untuK menentukan harga dan jumlah keseimbangan.



Pada grafik di atas, harga pasar adalah Rp7.5000,00 dan jumlah buku (output) keseimbangan adalah 200 buah:
  1. titik E disebut titik keseimbangan,
  2. harga Rp7.500,00 disebut harga keseimbangan,
  3. jumlah 200 buah disebutjumlah keseimbangan.
Pada harga Rp7.500,00 terjadi keseimbangan antara jumlah buku yang diininta dan jumlah buku yang ditawarkan. Pada harga buku di atas Rp7.500,00 jumlah buku yang diininta ebih sedikit daripada jumlah buku yang ditawarkan. Selisih jumlah itu disebut kelebihan penawaran (surplus). Sebaliknya, pada harga di bawah Rp7.500,00 jumlah buku yang diininta Iebih besar daripada jumlah buku yang ditawarkan. Selisih jumlah itu disebut kelebihan perinintaan (shortage).
Sumber Pustaka: Fakultas EkonomimUI