Definisi Globalisasi Perekonomian Pada Sosiologi

Definisi Globalisasi Perekonomian Pada Sosiologi



Globalisasi dalam bidang ekonomi adalah wilayah di mana perdebatan antara kaum tradisionalis dan globalis positif dapat dilihat dengan jelas. Thompson mencatat bahwa kaum globalis mengklaim saat mi telah terjadi sebi.rah intensifikasi secara cepat dalam investasi dan perdagangan internasional. Misalnya, secara nyata perekonomian nasional telah menjadi bagian dan perekonomian global yang ditengarai dengan adanya kekuatan pasar dunia. Pandangan mi memicu dua bentuk kritik.

Pertama, para penganut neo-Marxisme setuju bahwa proses globalisasi yang kuat telah terjadi, namun sangat tidak setuju jika hal tersebut dikatakan sebagai sebuah ekstensi dan eksploitasi kapitalisme global. Kedua, para tradisionalis berpendapat bahwa perekonomian internasional belum mendominasi kebijakan ekonomi nasional.



Salah satu tren utama perekonomian yang melambangkan globalisasi adalah munculnya perusahaan-perusahaan multinasional. Perusahaan-perusahaan ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
  1. Beroperasi di lebih dan satu negara dan tidak merniliki negara basis yang jelas. Narnun demikian, mereka memproduksi dan menjual secara internasional.
  2. Mencari keuntungan yang kompetitif dan memaksirnalkan laba dengan terus-menerus mencari lokasi produksi yang paling efisien dan murah.
  3. Memiliki fleksibilitas geografis yang memudahkan mereka memindahkan berbagai sumber dan operasi di seluruh dunia.
  4. Menguasai tiga per empat perdagangan dunia dan sekitar sepertiga dan seluruh output perekonomian global.
Jika melihat daftar 100 unit ekonomi paling penting di dunia, kita akan menemukan bahwa setengahnya adalah unit ekonomi nasional dan setengahnya lagi adalah perusahaan multinasional. Sekitar 130 perusahaan nasional (umurnnya berada di negara berkembang) memiliki perekonomian yang lebih kecil dibanding perekonomian 50 perusahaan multinasional teratas.
Sumber Pustaka:Yudhistira