Definisi Objek Sosiologi Dan Objek Antropologi

Definisi Objek Sosiologi Dan Objek Antropologi



Objek studi sosiologi adalah masyarakat, yaitu hubungan antarmanusia dan proses yang timbul sebagai konsekuensi dan hubungan antarmanusia tersebut. Adapun yang tercakup dalam masyarakat sebagai objek studi sosiologi yaitu sebagai berikut.
  1. Sejumlah manusia yang hidup bersama dalam waktu yang cukup lama dan melakukan interaksi dengan keinginan-keinginan dan perasaannya sehingga timbul sistem komunikasi dan peraturan dalam mengatur hubungan antarmanusia tadi.
  2. Merupakan satu kesatuan.
  3. Mempunyai sistem hidup bersama yang akan menimbulkan kebudayaan yang berlaku dan mengikat setiap anggota masyarakat.

Objek Antropologi


Adapun objek antropologi lebih mengarah kepada keanekaragaman manusia beserta kebudayaannya yang mencakup lima pokok permasalahan, antara lain sebagai berikut.
  1. Sejarah terjadinya dan perkembangan manusia sebagai makhluk biologis.
  2. Sejarah terjadinya aneka warna manusia berdasarkan ciri-ciri tubuh.
  3. Terjadinya dan persebaran keanekar agaman bahasa yang diucapkan manusia.
  4. Terjadiny? dan perkembangan serta persebaran aneka kebudayaan manusia.
  5. Dasar-dasar dan keragaman hudaya dalam kehidupan masyarakat dan suku-suku bangsa di seluruh dunia.

Oleh karena itu, antropologi dibagi ke dalam beberapa bagian, yaitu:
  • Antropologi Fisik
Antropologi fisik mencoba merekonstruksi munculnya dan perkembangan evolusi manusia yang kemudian menggolong-golongkan manusia berdasarkan ciri-ciri fisiknya, seperti cirifenotip (warna kulit, warna dan bentuk rambut, bentuk hidung, tinggi, bentuk tubuh, bentuk muka, warna mata, dan indeks tengkorak), dan ciri genotip (golongan darah).

Antropologi fisik sendiri rnasih terbagi ke dalam beberapa hagian, yaitu:
  1. PaleoantropQlogi, merupakan bagian antropologi fisik yang men.obi menelaah tentang asal-usul atau terjadinya dan perkembangan manusia dengan menggunakan sisa-sisa tubuh atau fosil manusia.
  2. Somatologi, merupakan bagian antropologi fisik yang menelaah tentang keanekaragaman ras manusia melalui ciri-ciri tubuh, baik ciri fenotip maupun genotipnya.
  • Antropologi Budaya
Antropologi budaya mencoba menelaah tentang hal-hal yang berhubungan dengan kebudayan manusia, seperti ilmu pengetahuan, bahasa, kepercayaan, huk’uirL, agama, kebiasaan-kebiasaan, dan larangan-larangan.

Adapun subdisiplin antropologi budaya adalah sebagai berikut.
  • Arkeologi, yang berasal dan kata archaic yang berarti kuno. Kajian arkeologi mempelajari sejarah umat manusia sebelum ditemukannya tulisan atau pada sejarah kuno atau sejarah purba.
  • Etnolinguistik, atau yang disebut juga antropologi linguistic merupakan bagian dan antropologi budaya yang mengkhususkan kajiannya tentang penyebaran bahasa umat manusia.
  • Etnologi merupakan bagian antropologi budaya yang mengkaji asasasas manusia dengan cara meneliti pola kebudayaan suku bangsa tertentu. Adapup beberapa objek yang menjadi kajian etnologi adalah sebagai berikut.
  1. Mempelajari pola-pola kelakuan masyarakat, seperti adat perkawinan, struktur kekerabatan, sistem sosial politik, dan agama.
  2. Mempelajari dinainika kebudayaan manusia.
  • Antropologi Sosial Budaya, merupakan studi antropologi yang memusatkan perhatiannya pada aspek organisasi sosial kehidupan manusia, perilaku, dan kebudayaan.
Sumber Pustaka: Yudhistira