Definisi Sosialisasi Dan Tujuannya Dalam Proses Berinteraksi

Definisi Sosialisasi Dan Tujuannya Dalam Proses Berinteraksi


Yang dimaksud dengan proses sosialisasi pada hakekatnya adalah proses belajar berinteraksi bagi individu di tengah-tengah masyarakat. Dalam arti sempit, proses sosialisasi merupakan proses mengenal lingkungan, baik lingkungan sosial maupun lingkungan fisik ketika seseorang memasuki suatu lingkungan kehidupan yang baru.



Hal ini dimaksudkan untuk melakukan persiapan dalam melaksanakan proses pergaulan lebih lan jut dan menyesuaikan din dengan situasi dan kondisi di lingkungan kehidupan yang barn tersebut. Dalam arti luas, proses sosialisasi adalah proses komunikasi dan proses interaksi yang dilakukan oleh seorang individu selama hidupnya sejak lahir sampai dengan meninggal. Proses ini berupa proses alamiah yang dilakukan oleh semua individu sebagai makhluk sosial yang tidak dapat terlepas dan tata pergaulan dengan manusia yang lain. Pada proses ini seorang individu mula mula mengenal lingkungan sosial terdekatnya, seperti anggota keluarga dan kerabatnya.

Kemudian meluas ke lingkungan masyarakat setempat, seperti dengan lingkungan sepermainan dan lingkungan komunitas setempat. Dalam proses perkembangannya proses sosialisasi berlangsung dalam lingkungan yang lebih luas, seperti lingkungan sekolah, lingkungan kerja, dan akhirnya memasuki lingkungan masyarakat luas. Keberhasilan suatu proses sosialisasi akan ditandai dengan adanya keterampilan untuk menyesuaikan din dengan berbagai macam lingkungan yang dibatasi dengan sistem tata nilai dan norma yang berbeda-beda.

Tujuan Sosialisasi


Sosialisasi mempunyai tujuan-tujuan yang sangat mendasar, antara lain sebagai berikut.
  • Untuk mengetahui lingkungan fisik dan lingkungan sosial, baik lingkungan tempat individu bertempat tingga] maupun lingkungan yang baru. Lingkungan sosial ini meliputi pihak-pihak yang mempunvai keterkaitan dengan aktivitas individu tersehut.
  • Untuk mengetahui nilai-nilai dan norma-norma yang berlaku di dalam suatu masyarakat karena setiap masyarakat memiliki sistem tata nilai yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, bagi seorang individu yang memasuki lingkungan sosial baru perlu mengetahui sistem tata kelakuan, peradaban, tata nilai, serta adati stiadat yang berlaku di daerah itu.
  • Untuk mengetahui lingkungan sosial budaya suatu masyarakat sehingga akan membekali seorang individu dalam proses pergaulan dan proses penyesuaian din dengan lingkungan masyarakat tersebut. Dengan kata lain, proses sosialisasi bertujuan untuk membekali seorang individu dengan berbagai pengetahuan yang ada di dalam lingkungan masyarakat sehingga individu tersebut dapat melaksanakan pergaulan hidup di tengah-tengah masyarakat. Sebagai indikasi keberhasilan proses sosialisasi bagi seorang individu ditandai oleh hal-hal sebagai berikut.
  1. Dapat menyesuaikan din dengan lingkungan sosial maupun lingkungan fisiknya.
  2. Memiliki banyak teman atau relasi usaha yang akan mengakibatkan ketenteraman dalam pergaulan dan keberhasilan dalam karier dan usaha.
  3. Meningkatnya status yang seringkali diikuti dengan meningkatnya kepercayaan dan meningkatnya peranan sosial di lingkungan sosial yang baru.
  4. Terintegrasi secara kuat dengan masyarakat setempat dalam setiap aktivitas yang ditandai dengan keakraban dan persaudaraan di antara individu tersebut dengan warga masyarakat yang lain.
 Sumber Pustaka: Yudhistira