Faktor Yang Menyebabkan Terjadinya Perubahan Nilai Dan Norma

Faktor Yang Menyebabkan Terjadinya Perubahan Nilai Dan Norma



Norma dan nilai pada dasarnya akan mengalami perubahan atau pergeseran sesuai dengan perubahan tuntutan kebutuhan masyarakat berkaitan dengan pengaturan perilaku warga masyarakat untuk menciptakan tertib sosial.

Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan nilai dan norma adalah sebagai berikut.



Perubahan Struktur Pemerintahan


Perubahan struktur pemerintahan dalam suatu negara seringkali berkelanjutan dengan perubahan sistem nilai dan norma dan pemerintah terdahulu kepada pemerintahan yang barn. Hal ini terjadi terutama apabila figur penguasa terdahulu mempunyai visi dan inisi yang berbeda dengan figur pemerinthan yang baru.

Perubahan Tingkat Peradaban


Cepat atau lambat setiap masyarakat tentu mengalami perubahan dan perkembangan. Dengan perubahan dan perkembangan ini berubah pula sistem budaya, sistem ilmu pengetahuan dan teknologi berikut perubahan tata nilai dan sistem norma. Sebagai contoh, dengan munculnya bencana banjir di beberapa daerah di Indonesia telah melahirkan suatu ide untuk membuat peraturan perundangan baru yang melarang pendirian bangunan/rurnah p’ada daerah-daerah resapan yang kemudian memunculkan RUU Pengaturap Penggunaan Air Tanah. Dan contoh tersebut terjadi perubahan nilai dan norma yang semata-mata didorong oleh tuntutan perubahan tingkat peradaban yang terjadi dalam masyarakat.

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi


Ilmu pengetahuan dan teknologi senantiasa mengalaini perubahan dan perkembangan. Perubahan dan perkembangan itu semata-mata adalah untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja manusia. Konsekuensinya adalah munculnya perubahan-perubahan peraturan perundangan yang dipandang sudah tidak efektif untuk mengatur dan mengendalikan perilaku warga masyarakat.

Penemuan-Penemuan Baru


Penemuan baru dapat berupa discovery maupun invention. Penemuan baru ini akan berkelanjutan dengan adanya inovasi-inovasi dalam berbagai segi kehidupan yang berkelanjutan untuk lebih memanfaatkan penemuan baru tersebut bagi kehidupan manusia. Penemuan baru yang semakin hanyak bermunculan akan melahirkan suatu bentuk pengaturan dan perlindungan terhadap penemuan baru itu sendiri, seperti lahirnya Undang-Undang Perlindungan Hak Cipta yang banyak mendapat perhatian dan berbagai kalangan masyarakat.

Pengaruh Kebudayaan Asing


Dengan meluasnya pergaulan antarmanusia yang melintasi batasb atas negara telah mengakibatkan adanya keinginan-keinginan untuk meniru atau mengadopsi budaya-budaya asing tertentu ke da]am budaya masyarakat setempat, seperti sistem pendidikan, sistem perundangan, dan sistem telekomunikasi. Dengan deinikian, melalui pergaulan antarnegara sangat memungkinkan terjadinya perubahan nilai dan norma akibat mengadopsi budaya asing.
Sumber Pustaka: Yudhistira