Ketaatan Terhadap Konsensus Dalam Berbagai Lingkungan Masyarakat

Ketaatan Terhadap Konsensus Dalam Berbagai Lingkungan Masyarakat



Sebagai umat yang percaya dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, kita wajib patuh dan taat menjalankan semua perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya. Begitujuga sebagai manusia yang bermasyarakat dan bemegara tentunya patuh dan tat kepada peraturan-peraturan yang berlaku dalam kehidupan masyarakat dan negara.

Ketaatan dapat berjalan dengan baik apabila benar-benar dilandasi dengan kesadaran hakekat manusia, sebagai makhluk pribadi (individu) dan sebagai makhluk bermasyarakat (sosial).


Lingkug Keluarga


Patuh terhadap perintah orang tua, misalnya seorang anak pada malam minggu meminta izin kepada orang tuanya untuk bermain dengan temantemapya orang tua mengizinn dengan berpesan apabila sudah bersamasama temannya tidak diperbolehkan berbuat yang negatif, misalnya minum minuman keras/aJkoh,1 merokok, dan lain-lain, maka si anak tidak berbuat hal-hl yang tidak diperbolehican oleh orang tuanya, sekalipun temantemannya ada yang merokok, minum-minuman keras, dan lain-lain.

Lingkungan Sekolah


Kepala sekolah menganjurkan kepada seluruh siswanya datang ke sekolah pada han Minggu dengan membawa bermacammacam tanaman/pohon untuk ditanam di halaman sekolah. Selanjutnya pada han Minggu siswa datang ke sekolah dengan membawa tanamapf pohon untuk ditanam di halaman sekolahnya. Tepat pukul 08.00 wib, seluruh siswa dengan senang hati bekerja menanam pohonnya masing-masing di halaman sekolah.

Lingkungan Masyarakat


Untuk menjaga keamanan dan keindahan, warga masyarakat dianjurkan oleh ketua RT-nya untuk tidak menjemur pakaian di tepi jalan (di tepi jalan kampungnya) Setelah di keluarkannya anjuran ketua RT, seluruh warga masyarakat/kampung tidak menjemur pakaiari di tepi jalan (jalan kampung) walaupun warga tersebut tidak memiliki halaman untuk menjemur pakaian.
Sumber Pustaka: Sinar Grafika