Latar Belakang Dan Tujuan Pendudukan Jepang Khusus Di Asia Tenggara

Latar Belakang Dan Tujuan Pendudukan Jepang Khusus Di Asia Tenggara



Sejak tahun 1942 Belanda sudah tidak lagi menduduki wilayah Indonesia. Belanda dikalahkan dan diusir oleh Jepang. Setelah membantu mengusir Belanda, rakyat Indonesia meyakini bahwa Jepang akan menciptakan kemakmuran bersama seperti yang dikumandangkan dalam Gerakan Tiga A. Namun, era Jepang di Indonesia justru adalah era pendudukan yang penuh penderitaan dan bahkan lebih berat daripada penjajahan sebelumnya.



Latar Belakang dan Tujuan Pendudukan Jepang



Keterlibatan Jepang dalam Perang Dunia II dilandasi oleh ambisi membangun suatu wilayah kekuasaan di Asia. Penghancuran dan pengenyahan terhadap semua penghalang cita-citanya menjadi tugas yang harus dilakukan. Oleh karena itu, Jepang menyerang pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat di Pearl Harbour, Hawaii. Jepang juga berusaha mengusir setiap kolonialis yang bercokol di kawasan Asia Pasifik.

Khusus mengenai Asia Tenggara, Jepang membagi kawasan ini ke dalam dua sasaran.

  1. Wilayah A, yaitu beberapa koloni Inggris, Belanda, dan Amerika Serikat yang meliputi Malaya, Kalimantan Utara, Filipina, dan Indonesia.
  2. Wilayah B, yaitu koloni Prancis yang meliputi Vietnam, Laos, dan Kamboja.

Men gapa Jepang berkeinginan men guasai wilayah-wilayah di Asia Pasifik? Apakah tujuan Jepang menguasai wilayah-wilayah di kawasan diAsia Tenggara? Jepang menguasai Asia Tenggara, khususnya di wilayah A dengan tujuan, yakni menjadikan kawasan Asia Tenggara sebagai sumber bahan mentah bagi industri perang dan pertahanannya. Jepang juga berusaha untuk memotong garis perbekalan musuh yang berada di wilayah ini. Hal ini terlihat ketika Jepang berhasil menduduki dan menguasai Indonesia. Jepang membagi wilayah Indonesia ke dalam tiga pendudukan pemerintahan iniliter.

  • Wilayah I, terdiri atas Jawa dan Madura serta diperintah oleh Tentara Keenambelas Rikugun (Angkatan Darat) yang berpusat di Jakarta.
  • Wilayah II, yakni Sumatera dan diperintah oleh Tentara Keduapuluhlima Rikugun yang berpusat di Bukittinggi.
  • Wilayah III, terdiri atas Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Bali, dan Nusa Tenggara serta diperintah Armada Selatan Kedua Kaigun (Angkatan Laut) yang berpusat di Makasar.

Di bidang politik, Jepang mempropagandakan din sebagai saudara tua bagi rakyat Indonesia. Bersama sama dengan negara-negara di Asia Pasifik, Jepang menyatakan ingin menciptakan kemakmuran bersama di Asia Timur Raya. Oleh karena itu, bangsa Indonesia harus membantu bangsa Jepang memenangkan perang melawan pihak Sekutu dalam Perang Dunia II.
Sumber Pustaka: Yudhistira