Makna Wawasan Nusantara Dan Tujuannya

Makna  Wawasan Nusantara Dan Tujuannya



Wawasan nusantara dalam perwujudannya merupakan gejala yang dinamis dalam menyelenggarakan dan menjamin kelangsungan hidup seluruh bangsa dan negara Indonesia atau dengan perkataan lain menyelenggarakan dan menjamin kepentingan nasional. Tujuan nasional secara jelas telah dirumuskan dalam Pembukaan UUD 1945 alinea keempat. Kelangsungan hidup bangsa Indonesia merupakan unsur pokok dalam kehidupan bemegara, bagi bangsa Indonesia, untukmenyelenggarakan dan menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara sebagai sam kesatuan yang utuh-mnyeluruh berdasar Pancasila.

Denganperkataan lain, Indonesia secara nasional mempunyai cara pandang yang menyeluruh dalam menyelenggarakan dan menjamin kelangsungan hidup seluruh rakyat dan negaranya. Cara pandang yang demikian merupakari cara pandang wawasan nusantara sebagai cerminan Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa. Gagasan wawasan nusantara hams dimiliki oleh bangsa dan negara Indonesia sebagai pedoman dan landasan perjuangan dalam mericapai tujuan nasional.



Makna Wawasan Nusantara


Wujud wawasan nusantaEa berupa gejala sosial atau gerakan sosial untuk menjamin dan menyelenggarakan kelangsungan hidup bangsa dan negara serta mewujudkan kepentingan nasional Indonesia. Kepentingan nasional adalah segala sesuatu yang menjadi prasyarat dan syarat dalam mencapai tujuan nasional.

Prasyarat dan syarat untuk mewujudkan tujuan nasional sebagaimana tercantum dalam pembukaan UUD 1945 alinea keempat yaitu
  1. keberadaan kelangsungan hidup negara dan bangsa Indonesia, dan
  2. kesatuan bangsa dan persatuan wilayah negara
Keberadaan negara Indonesia telah terwujud secara defakto melalui prok1imasj kemerdekaan 17 Agustus 1945 sebagai suatu pernyataan berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Secara dejure keberadaan negara Indonesia sah sebagai subjek hukum internasional ketika ada pengakuan dan negara lain di dunia, dengan Nusantara (dan Sabang sampai Merauke) sebagai wilayalmya serta penduduk yang mendiaminya.

Untuk menjamin keberadaan dan kelangsungan kehidupan negara dan bangsa diperhikan adanya pemerintahan yang berdaulat, baik kedaulatan keluar, dalam hubungan dengan negara dan bangsa lain, maupun kedaulatan ke dalam, yaitu kemampuan untuk menyelenggarakan pemerintahan yang didukung oleh masyarakat bangsanya.

Kesatuan bangsa dan persatuan wilayah negara, merupakan syarat mutlak untuk menyelenggaran pemerintahan yang berdaulat dan kuat. Pemerintahan yang didukung oleh persatuan dan kesatuan yang kokoh merupakan modal untuk melaksanakan pembangunan menuju kesejahteraan rakyat, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, yang merupakan tujuan didirikannya negara Republik Indonesia.

Tujuan Wawasan Nusantara


Wawasan nusantara dikembangkan atas dasar tinjauan konsep kewilayahan, dapat ditinjaudan dua segi, yaitu
  1. tinjauan ke dalam, merupakan konsepsi kewilayahan negara sebagai satu kesatuan politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan untuk menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara beserta penyelcnggaranya dalam mewujudkan tujuan nasional, dan
  2. tinjauan ke luar, merupakan konsepsi kewilayahan negara sebagai satu kesatuan politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan dalam konstelasi internasional guna medukung tercapainya kepentingan nasional.
Dengan demikian, tujuan wawasan nusantara adalah sebagai berikut.
  • Mewujucfkan kesatuan dan persatuan seluruh aspek kehidupan untukmenjamjn kelangsungan dan penyelenggaraan bangsa dan negara untuk mencapai masyarakat adil dan makmur.
  • Mewujudkan hubungan dengan dunia intemasional berdasarkan kemerdekaan, perdamajan abadi, dan keadilan sosial guna mendukung kepentingan nasional.