Membina Kesadaran Tentang Isi Pesan Pembangunan Demokrasi Pancasila

Membina Kesadaran Tentang Isi Pesan Pembangunan



Dalam Pembukaan UUD 1945 telah dengan jelas dan tegas adanya cita-cita dan tujuan nasional Indonesia yang ingin diwujudkan. Cita-cita dan tujuan tersebut mengandung amanat atau pesan adanya keharusan bagi selunih bangsa Indonesia untukmembangun di segala bidang, baik yang menyangkut bidang politik, ekonomi,sosial budaya, maupun hankam.

Pelaksanaan pembangunan nasional pada dasarnya merupakan wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, danbemegara. Masalah pembangunan menjadi tanggung jawab kita bersama mulai dan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil-hasilnya harus tetap berlandaskan pada nilai moral Pancasila.



Isi pesan pembangunan seperti yang terdapat di dalam Bab Penutup GBHN 1999 sebagai berikut.
  1. Pembangunan yang dilaksanakan akan mengantarbangsa Indonesia memasuki pembangunan selanjutnya dalam rangka menumbuhkan kemandirian bangsa.
  2. Berhasilnya pembangunan nasional sebagai pengamalan Pancasila tergantung pada peran aktif masyarakat yang dilandasi oleh keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sikap mental, tekad dan semangat, serta ketaatan dan disiplin para penyelenggara negara serta seluruh rakyat Indonesia. Sehubungan dengan itu, semua kekuatan sosial politik, organisasi kemasyarakatan, dan lembaga swadaya kemasyarakatan lainnya penlu melaksanakan fungsi pengawasan dan kemampuan masing-masing dalam rangka melaksanakan GarisG aris Besar Haluan Negara.
  3. Dalam rangka meningkatkan tanggung jawab bersama dan demi makin kukuhnya persatuan dan kesatuan bangsa, penlu dikembangkan peran serta masyarakat di dalam menyiapkan Garis-Garis Besar Haluan Negara yang akan datang.
  4. Hasil pembangunan hams dapat dinikmati secara lebih adil dan merata oleh seluruh rakyat Indonesia sebagai peningkatan kesejahteraan lahir dan kebahagiaan batin.
  5. Kesejahteraan yang menata dan berkeadilan akan meningkatkan ketahanan nasional yang memudahkan jalan bagi generasi yang akan datang untuk mencapai masyarakat maju, sejahtena, adil, dan makmun berdasarkan Pancasila.
  6. Pada akhirnya pembangunan nasional sebagai pengamalan Pancasila akan mempenkuat jati din dan kepribadian manusia, masyarakat, dan bangsa Indonesia yang tercermin dalam kehidupan yang serba selaras, serasi, dan seimbang.
Sumber Pustaka: Yudhistira