Menetapkan Alternatif Kombinasi Sumber Daya Ekonomi

Menetapkan Alternatif Kombinasi Sumber Daya Ekonomi


Dalam ilmu Ekonomi, proses produksi merupakan proses pengombinasian berbagai faktor produksi untuk mengolah barang dan jasa. Faktor produksi ini juga disebut sumber daya ekonomi. Masih ingkatkah kamu faktor produksi apa yang dimaksud?

Jenis-Jenis Sumber Daya Ekonomi

Secara garis besar, sumber daya ekonomi yang dialokasikan dalam proses produksi dapat dibagi menjadi:



  • Faktor Produksi yang Berkaitan dengan Hak Milik (Property Resources)

Property resources merupakan sumber daya alam atau sumber daya buatan yang dimiliki oleh manusia. Sumber daya ini terdiri atas:

  • Tanah

Faktor produksi tanah merupakan sumber daya anugerah alam. Faktor produksi ini berupa lahan subur yang dapat ditanaini, hutan produktif, barang tambang, dan sumber daya alam lainnya. Anugerah alam tersebut tersebar tidak merata antardaerah dengan daerah lain. Selain itu, sumber daya alam ini terbatas jumlahnya. Oleh karena jumlahnya terbatas maka manusia harus pandai-pandai menentukan pilihan dalam memanfaatkannya.

Berkaitan dengan sumber daya alam ini, kita layak bersyukur. Negara Indonesia dikaruniai sumber daya alam yang sangat melimpah. Tanah di negara kita cukup subur sehingga menjadi modal dalam usaha pertanian. Kita meMiliki wilayah laut yang sangat luas dan secara ekonomi sangat menguntungkan. Negara kita juga dianugerahi sungai dan perairan darat lain sehingga bisa dimanfaatkan untuk usaha perikanan. Di dalam buini kita tersimpan beraneka macam bahan tambang. Dan, masih banyak lagi kekayaan alam di Indonesia. Kekayaan ini jika dimanfaatkan dengan optimal akan memberi keuntungan dalam proses produksi.

Sumber daya alam apa yang banyak kamu temui di daerahmu? Bagaimana masyarakat di daerahmu memapfaatkan sumber daya alum tersebut? Apakah dalam memanfaatkan sumber daya tersebut masyarakat sudah optimal? Atau mungkin ada sumber daya yang belum dapat termanfaatkan dengan baik? Sebagai generasi penerus, kamu harus mampii membangun daerahmu sendiri dengan memanfaatkan segala potensi yang ada.

  • Modal (Capital)

Modal merupakan sumber daya buatan manusia yang dapat membantu dan digunakan dalam proses produksi. Modal ini berupa peralatan dan mesin-mesin, gudang, alat-alat transportasi, serta fasilitas distribusi yang digunakan dalam proses produksi sampai mengantarkannya ke konsumen akhir. Jadi, modal atau capital meliputi seluruh barang investasi yang digunakan untuk memproduksi barangb arang konsumsi atau digunakan secara langsung untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

  • Faktor Produksi yang Berkaitan dengan Sumber Daya Manusia (Human Resources)

Human resources mencakup semua bakat, fisik, dan mental yang digunakan oleh mereka yang menjalankan aktivitas produksi. Faktor produksi sumber daya manusia dapat dibagi menjadi tenaga kerja dan kewirausahaan. Tenaga kerja harus diberi arahan apabila dikombinasikan dengan faktor produksi lainnya.

Di sinilah pentingnya peran wirausaha (entrepreneur). Wirausaha mampu melihat adanya kebutuhan tertentu yang dapat menjadi peluang bisnis. Wirausaha akan menciptakan ide-ide baru dan mengombinasikan berbagai faktor produksi untuk menciptakan barang dan jasa.

Sumber daya manusia merupakan faktor produksi yang terpenting. Sumber daya manusia yang bermutu tinggi menjadi keunggulan kompetitif bagi perusahaan. Berkaitan dengan sumber daya manusia ini, Indonesia meMiliki keunggulan dan segi kuantitas. Jumlah angkatan kerja di Indonesia pada tahun 2005 mencapai 105.802.372 jiwa. Namun, kuantitas yang besar ini tidak ada artinya jika kualitas yang dimiliki rendah.

Strategi Kombinasi Sumber Daya


Pada kenyataannya, perusahaan dihadapkan pada -persaingan usaha yang semakin ketat. Seorang wirausaha dalam mengelola perusahaan harus menetapkan kombinasi terbaik dan sumber daya yang dimiliki. Dengan melihat pengelompokan sumber daya sebelumnya, kiranya ada dua strategi yang digunakan, yaitu:

  • Strategi Peningkatan Teknologi

Strategi ini ditempuh dengan memanfaatkan teknologi yang sudah ada, integrasi teknologi, pengembangan teknologi baru dan penelitian dasar. Tujuan strategi ini adalah mendapatkan keunggulan bersaing yang dapat dipertahankan, memperkuat loyalitas konsumen, dan mengoptimalkan sumber daya.

Namun, strategi peningkatan teknologi ini meMiliki kelemahan, yaitu dapat segera ditiru oleh pesaing. Selain itu, penerapan teknologi tinggi tetap membutuhkan sumber daya manusia yang berkemampuan mengoperasikan teknologi dan pada umumnya memerlukan biaya investasi yang besar pula.

  • Strategi Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia

Peningkatan kualitas sumber daya dapat dilakukan melalui berbagai cara, di antaranya melalui pendidikan dan latihan. Tetapi investasi dalam sumber daya manusia tidak terlepas dan kendala biaya. Pendidikan adalah investasi sumber daya manusia bersifat jangka panjang. Manfaatnya baru dirasakan dalam waktu cukup lama. Meskipun deinikian, tidak semna investasi untuk meningkatkan sumber daya manusia harus dilakukan dengan pendidikan yang mahal dan lama. Pelatihan-pelatihan yang terarah, bersifat jangka pendek, dan dilakukan secara konsisten sesuai kebutuhan merupakan alternatif pilihan yang murah dan berhasil guna.
Sumber Pustaka: Fakultas Ekonomi UI