Pengaruh Kebijakan Kolonial Terhadap Perubahan Masyarakat

Pengaruh Kebijakan Kolonial Terhadap Perubahan Masyarakat



Berbagai kebijakan politik ekonomi yang diterapkan pemerintah Belanda telah memberikan pengaruh yang amat besar dalam kehidupan masyarakat. Di berbagai bidang kehidupan, masyarakat tidak mempunyai pilihan kecuali pemerintahan Belanda yang memilihnya. Pelaksanaan pen jualan tanah partikelir, si,stem pemungutan pajak tanah, sistem tanam paksa, dan Undang-Undang Agraria tahun 1870 telah membawa perubahan-perubahan sebagai berikut:



Bidang Ekonomi


  1. Tingkat kesejahteraan rakyat di Pulau Jawa amat rendah yang berakibat pada menurunnya laju pertumbuhan pnduduk.
  2. Rakyat sangattertekan dengan pemberlakuan sistemperpajakan yang memberatkan.
  3. Rakyat yang kehilangan tanahnya, menjadi buruh dengan upah kerja yang rendah.

Bidang Sosial


  1. Pendidikan bagi masyarakat mengalami peckembangan yang pesat seiring dengan munculnya kebutuhan petugas administrasi Belanda dan para tuan tanah partikelir.
  2. Masyarakat tersusun ke dalam tiga lapisan, yaitu pejabat birokrasi kerajaan. Kaum tuan tanah, dan rakyat lapisan bawah.

Bidang Politik


Kekuasaan tradisional bumi putera semakin lemah akibat intervensi pemerintah Belanda terhadap persoalan-persoalan intern, seperti pergantian takhta kerajaan, pengangkatan pejabat kerajaan, dan penentuan kebijakan politik kerajaan.

Bidang Budaya



  1. Budaya Eropa yang meluas telah merusak sendi-sendikehidupan budaya tradisional, misalnya kebiasaan minum-minuman keras di kalangan bangsawan.
  2. Parapeinimpin agama mulai menentang pemerintahan Belanda dan para bangsawan atau pejabat yang merusak tatanan kehidupan agamis.
Sumber Pustaka: Yudhistira