Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli

Pengertian Ideologi



Kata idelogi berasal dan bahasa Latin (idea; daya cipta sebagai hasil kesadaran manusia, dan logos; ilmu). Istilah ini berasal dan filsuf Perancis Destutt de Tracy (1801) yang mempelajari berbagai gagasan (idea) manusia serta kadar kebenarannya. De Tracy memaknai ideologi sebagai ilmu tentang gagasan-gagasan yang menunjukkan jalan yang benar menuju masa depan. Ideologi juga diartikan sebagai falfasah hidup maupun pandangan dunia (dalam bahasa Jerman disebut Weltanschauung).



Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli


Berikut ini beberapa pengertian tentang ideologi:
  • Labaratorium IKIP Malang
Ideologi adalah seperangkat nilai, ide, dan cita-cita beserta pedoman dan metode melaksanakan/mewujudkannya.
  • Kamus Iliniah Populer
Ideologi adalah cita-cita yang merupakan dasar salah satu sistem politik, paham kepercayaan dan seterusnya (ideologi sosialis, ideologi Islam, dan lain-lain).
  • Moerdiono
Ideologi adalah kompleks pengetahuan dan nilai, yang secara keseluruhan menjadi landasan bagi seseorang (masarakat) untuk memahaini jagat raya dan huini seisinya serta menentukan sikap dasar untuk mengelolanya.
  • Encyclopedia International
Ideologi adalah “system of ideas, belief, and attitudes which underlie the way of live in a
particular group, class, or society” (sistem gagasan, keyakinan, dan sikap yang mendasari cara
hidup suatu kelompok, kelas, atau masyarakat tertentu.
  • Dr. Alfian
Ideologi adalah suatu pandangan atau sistem nilai yang menyeluruh dan mendalam tentang bagaimana cara yang sebaiknya, yaitu secara moral dianggap benar dan adil, mengatur tingkah laku bersama dalam berbagai segi kehidupan.

Jika kita merujuk pada beberapa pengertian ideologi di atas, tampak agak membingungkan. Antara satu pengertian dengan pengertian yang lain tidak sepenuhnya sama. Tetapi, deinikianlah pada dasarnya ilmu sosial. Di dalam ilmu sosial sulit sekali kita temukan pengertian yang tunggal (sepenuhnya sama) tentang suatu hal. Coba perhatikan, ada banyak sekali pengertian tentang politik, pengertian tentang negara, dan sebagainya.

Hal yang demikian tidak sepatutnya membuat kita bingung, sebaliknya pengertian yang beragam membuat ilmu sosial menjadi kaya. Jika kita perhatikan secara saksama, terdapat beberapa bagian yang membentuk pengertian tentang suatu hal. Nah, bagian itulah yang mungkin serupa di antara berbagai pengertian yang dikemukakan oleh para ahli. Jadi, yang perlu kita pahami secara benar adalah bagian-bagain tersebut.

Dalam kaitannya dengan pengertian ideologi di atas, maka bagian-bagian yang ada dalam ideologi adalah:
  1. seperangk an rang disusun secara sistematis,
  2. pedoman tentan cara hidup.
  3. tatanan yang hendak diruju oleh suatu kelompok (kelas, negara), dan
  4. dipegang teuh oleh kelompok yang meyakininya.
Jika Anda tetah memahami bagian-bagian di atas, maka sebenarnya Anda dapat membuat suatu pengertin sederhana mengenai apakah yang dimaksud dengan ideologi.
Sumber Pustaka: Erlangga