Pengertian Manajemen Keuangan Beserta Tugas Dan Fungsinya

Pengertian Manajemen Keuangan Beserta Tugas Dan Fungsinya



Manajemen mernpakan suatu alat untuk mencapai tujuan. Oleh karena itu, sebenarnya konsep manajemen dapat diterapkan dalam beberapa bidang tertentu. Dalam suatu bidang tertentu tersebut dibutuhkan seorang manajer yang mempunyai kemampuan teknis sesuai dengan bidangnya. Berikut ini akan diuraikan bidang-bidang manajemen.

Seperti bidang lain, kegiatan-kegiatan di bidang keuangan merupakan kegiatan yang penting dalam kehidupan suatu organisasi atau perusahaan.



Pengertian Manajemen Keuangan


Manajemen keuangan merupakan kegiatan untuk memperoleh dan menggunakan dana dengan tujuan untuk meningkatkan atau memaksimalkan nilai perusahaan. Jadi, manajemen keuangan akan melakukan kegiatan-kegiatan yang menyangkut masalah keuangan (dana) dalam suatu perusahaan untuk dikelola dengan sebaik-baiknya.

Tugas Manajemen Keuangan


Tugas manajemen keuangan adalah merencanakan pengadaan dana dan penggunaannya untuk meningkatkan nilai perusahaan. Manajemen keuangan harus bisa menyeimbangkan kebutuhan dana dalam operasi perusahaan dengan tersedianya dana dan berbagai sumber dana. Manajer keuangan bisa bertugas untuk membuat keputusan investasi perusahaan, bagaimana pembiayaannya, dan bagaimana perusahaan mengalokasikan sumber-sumber keuangannya secara efektif.

  • Fungsi Mendapatkan Dana

Di sini manajer keuangan harus tahu bagaimana cara memperoleh dana atau modal yang paling menguntungkan.

  • Fungsi Pen ggunaan Dana

Agar dana dalam perusahaan dapat dipenuhi secara cukup, maka diperlukan adanya pengelolaan dan penggunaan secara efektif dan efisien. Semakin efisien penggunaan dana berarti semakin baik bagi perusahaan.
Sumber Pustaka: Fakultas Ekonomi UI