Pengertian Manajemen Pemasaran Beserta Prinsip, Konsep Dan Prosesnya

Pengertian Manajemen Pemasaran Beserta Prinsip, Konsep Dan Prosesnya


Pemasaran merupakan kegiatan manusia yang bertujuan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia melalui proses pertukaran. Jadi, kegiatan manajemen pemasaran tidak akan jauh dan tugas mengatur proses pemasaran agar bisa berjalan dengan baik.

Pengertian Manajemen Pemasaran


Manajemen pemasaran adalah analisis, perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian atas program yang dirancang untuk menciptakan, membentuk, dan mempertahankan pertukanan yang menguntungkan dengan sasaran pembeli. Hal ini dengan maksud untuk mencapai tujuan-tujuan organisasinya. Jadi, manajemen pemasaran berusaha memengaruhi tingkat pemilihan waktu dan sifat perinintaan sedemikian rupa sehingga membantu organisasi dalam usaha mencapai tujuan. Dengan kata lain, manajemen pemasaran adalah manajemen perinintaan (demand management).



Prinsip Manajemen Pemasaran


Pemasaran terdiri atas serangkaian prinsip untuk:

  1. Memilih sasaran pasar (target market).
  2. Mengevaluasi kebutuhan konsumen.
  3. Mengembangkan barang dan jasa pemuas kebutuhan.
  4. Memberi nilai pada konsumen dan laba perusahaan.

Ada beberapa perusahaan yang berhasil karena sistem pelayanan terhadap konsumen cepat dan memuaskan. Ada pula keberhasilan perusahaan yang disebabkan dapat memberikan nasihat pribadi dalam memengaruhi konsumen. Oleh karena itu yang bisa menerapkan manajemen pemasaran tidak hanya pada perusahaan, pabrik, dan perdagangan, melainkan juga ahli hukum, akuntan, konsultan teknik, rumah sakit bahkan kelompok artis.

Kegiatan pemasaran di dalam suatu perusahaan harus diorganisasikan dan dikelola dengan baik. Peinimpin harus bisa merencanakan pemasaran secara menyeluruh. Di sini diperlukan suatu pelaksanaan manajemen pemasaran, yang pada hakikatnya merupakan tindakan dan konsep pemasaran.

Konsep Manajemen Pemasaran


Ada dua konsep manajemen pemasaran, yaitu:

  • Konsep Pemasaran (The Marketing Concept)

Konsep pemasaran merupakan orientasi manajemen yang beranggapan bahwa tugas pokok perusahaan adalah menentukan kebutuhan, keinginan, dan penjlaian dan pasar yang menjadi sasaran dan menyesuaikan kegiatan perusahaan sedeinikian rupa agar dapat menyampaikan kepuasan yang diinginkan pasarnya secara lebih berdaya guna serta berhasil guna daripada pesaingnya.

Dalam konsep pemasaran, volume penjualan yang menguntungkan memang menjadi tujuannya, tetapi laba yang diperoleh dan volume penjualan itu harus didapat melalui kepuasan konsumen.

  • Konsep Pen jualan (The Selling Concept)

Konsep pemasaran berbeda dengan konsep penjualan dalam hal orientasinya. Dasar peinikiran yang terkandung di dalam konsep penjualan sebagai berikut.

  1. Tugas utama perusahaan yaitu mencapai volume penjualan setinggi-tingginya.
  2. Para konsumen harus didorong untuk membeli dengan berbagai cara peningkatan penjualan.
  3. Para pembeli kemungkinan akan melakukan pembelian lagi dan kalaupun tidak, masih ada konsumen yang lain.

Perusahaan yang meiganut konsep penjualan lebih mementingkan volume penjualan daripada kepuasan konsumen. Untuk mencapai tingkat volume penjualan yang cukup tinggi, penjual kadang kala tidak segan-segan menggunakan cara yang kurang jujur untuk memengaruhi konsumen.

Proses Manajemen Pemasaran


Menurut Philip Kotler, proses manajernen pemasaran meliputi:

  1. Pengorganisasian proses perencanaan pemasaran.
  2. Penganalisisan peluang pasar.
  3. Mengembangkan marketing inix.
  4. Mengelola usaha pemasaran.

  • Marketing Inix

Marketing inix merupakan kegiatan inti dan manajemen pemasaran. Marketing inix adalah kombinasi dan variabel sistem pemasaran, yaitu produk, harga, promosi dan distribusi (product, price, promotion, place)

  • Produk

Dalam pengelolaan produk ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu perencanaan dan pengembangan produk, penentuan harga produk, menentukan jumlah produk serta beberapa kebijaksanaan dalam penentuan produk.

  • Harga

Dalam marketing inix, harga merupakan satu-satunya komponen yang menghasilkan pendapatan, sedangkan unsur lainnya menunjukkan biaya. Bagi perusahaan penetapan harga bukan merupakan pekerjaan yang mudah. Manajemen harus bias menentukan harga pokok produknya, menentukan potongan harga yang diberikan serta pembayaran ongkos kirim.

  • Promosi

Promosi mencakup semua kegiatan perusahaan untuk memperkenalkan produk dan bertujuan agar konsumen tertarik untuk membelinya. Promosi ini merupakan satu komponen marketing inix yang penting dalam mendorong perinintaan.

  • Distribusi

Saluran distribusi suatu produk adalah saluran ,rang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan prodiik tersebut dan produsen ke konsumen. Saluran distribusi merupakan struktur unit organisasi dalam perusahaan dan luar perusahaan yang terdiri atas agen, pedagang besan, dan pengecer di mana suatu produk atau jasa dipasarkan.
Sumber Pustaka: Fakultas Ekonomi UI