Pengertian Perdagangan Internasional Secara Umum

Pengertian Perdagangan Internasional Secara Umum



Apa yang kamu ketahui tentang perdagangan internasional? Perdagangan internasional tentu lebih kompleks daripada perdagangan dalam negeri. Perdagangan ini harus melewati batas-batas negara, di mana setiap negara memilik sistem ekonomi, mata uang, peraturan, dan kebijakan perdagangan yang berbeda-beda.

Coba amati perlengkapan sekolah yang kamu milik, misalnya saja pensil atau bolpoin. Biasanya tertulis nama negara pembuatnya, seperti Made in Indonesia, Made in China, Made in Japan, dan seterusnya. Jika negara pembuatnya selain Indonesia, berarti kamu telah mengonsumsi produk impor. Dan sekian banyak barang yang kamu pakai, bandingkanlah dengan negara-negara pembuatnya. Lebih banyak barang impor atau barang produksi dalam negeri?



Tahukah kamu bahwa dengan selalu memakai produksi dalam negeri berarti kamu telah ikut berusaha memajukan bangsa dan negara kita?

Perdagangan Internasional


Dewasa ini banyak sekali barang-barang impor yang beredar di sekitar kita. Memang, tidak ada negara yang dapat menghasilkan sendiri segala apa yang dibutuhkan. Suatu perekonomian (negara) yang terlibat secara luas dalam perdagangan internasional disebut perekonoinian terbuka (open economy). Perdagangan internasional ditandai dengan adanya kegiatan ekspor impor. Kamu pasti sudah memahaini pengertian kedua istilah tersebut.

Kapan kita melakukan impor? Kita melakukan impor ketika kita membeli barang dan negara lain. Dan, kita dikatakan melakukan ekspor ketika kita menjual barang dan jasa ke negara lain. Bagaimana cara kita melihat keterbukaan perekonoinian suatu negara? Tolok ukurnya adalah perbandingan ekspor dan impor terhadap total pendapatan nasional. Semakin besar rasio ekspor impor terhadap pendapatan nasional, maka dikatakan perekonoinian lebih terbuka.

Dan uraian di atas, tentunya kamu dapat merumuskan pengertian perdagangan internasional. Perdagangan internasional memilik pengertian yang tidak jauh berbeda dengan pengertian perdagangan yang kamu kenal sehari-hari. Coba kamu sebutkan pengertian perdagangai. Jika kamu mengaitkannya dengan kegiatan tukar-menukar atau jual beli, jawabanmu tidak salah. Pihak-pihak yang melakukan pertukaran bisa individu, lembaga/ perusahaan, maupun pemermntah. Dalam perdagangan internasional, pihak-pihak yang melakukan pertukaran tersebut berasal dan berbagai negara.
Sumber Pustaka: Fakultas Ekonomi UI