Pengertian Prestasi Secara Umum Dan Contohnya

Pengertian Prestasi Secara Umum Dan Contohnya



Kata ‘prestasi’ dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia diartikan sebagai hasil yang dicapai dan apa yang dikerjakan atau yang sudah diu.sahakan. Seseorang dianggap berprestasi, jika dia telah meraih sesuatu dan apa yang telah diusahakannya, baik melalui belajar, bekerja, berolahraga, dan sebagainya. Prestasi tersebut merupakan wujud nyata optimalisasi pengembangan potensi diri. Sudah tentu prestasi dapat diraih setelah seseorang mengerahkan daya dan upaya, baik mencakup kemampuan intelektual, emosional, spiritual, dan ketahanan diri dalam berbagai bidang kehidupan.

Orang yang berprestasi adalah orang yang dianggap sukses dalam bidang tertentu, karena ada kenyataannya ia memiliki kelebihan-kelebihan yang tidak dimiliki oleh orang lain. Konsep diri yang melekat pada orang yang berprestasi adalah konsep diri positif yang mampu menangkap, mengolah dan memberdayakan diri secara rasional dan proporsional serta efektif dan efisien.



Patut dipahaini bahwa prestasi bukanlah sesuatu yang datang tanpa usaha keras. Jika kita menyimak kisah-kisah perjalanan hidup orang-orang yang berprestasi, kita akan mendapati bahwa mereka bekerja keras untuk mencapai prestasi tersebut. Para atlet tingkat dunia telah mulai mengenal olah raga dan berlatih sejak usia belasan, atau bahkan sejak masuk sekolah dasar. Ilmuwan-jimuwan besar merupakan orang-orang yang tekun belajar dan bereksperimen;

Di antara ribuan kali eksperimen, mungkin ada berali-kali kegagalan yang tidak membuat mereka putus asa. Kerja keras dan jiwa besar semacam itulah yang akhirnya berbuah prestasi di masa akan datang.

Banyak orang yang menghubungkan prestasi dengan berbagai penghargaan. Sesungguhnya penghargaan hanya merupakan simbol pengakuan masyarakat terhadap suatu prestasi. Penghargaan semacam itu bentuknya bermacam-macam. Dan mulai piagam, piala, medali, hingga uang. Yang paling bermakna bagi seseorang yang berprestasi sebenarnya adalah pengakuan itu sendiri. Yaitu bahwa kerja keras yang dilakukannya selama ini dan hasil yang telah dicapai melalui upaya tersebut ternyata memperoIeh pengakuan dan masyarakat.
Sumber Pustaka: Sinar Grafika