Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli Dan Definisinya

Pengertian Sosiologi



Pada hakekatnya, sosiologi dan antropologi mempunyai dua pengertian dasar, yaitu sosiologi dan antropologi sebagai ilmu pengetahuan dan sebagai metode. Sosiologi dan antropologi sebagai ilmu artinya bahwa sosiologi dan antropologi merupakan kumpulan pengetahuan tentang kajian masyarakat dan kebudayaan yang disusun secara sistematis atas dasar pemikiran yang logis. Pada konteks mi sosiologi dan antropologi merupakan sumber pemecahan berbagai permasalahan dengan pendekatan kemasyarakatan melalui disiplin ilmu dalam sosiologi dan antropologi.



Definisi Sosiologi



Adapun sosiologi dan antropologi sebagai metode artinya bahwa sosiologi dan antropologi adalah cara-cara berpikir untuk mengungkapkan realitas sosial dan budaya yang ada dalam masyarakat dengan prosedur dan teori yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya secara ilmiah.

Beberapa tokoh sosiologi memberikan definisi mengenai sosiologi, antara lain sebagai berikut.

Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli

  • Pitirim A. Soro kin, mengemukakan sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang:
  1. Hubungan dan pengaruh timbal-balik antara aneka ragam gejala-gejala sosial, misalnya gejala ekonomi dengan agama, dan keluarga dengan moral.
  2. Hubungan dan pengaruh timbal-balik antara gejala sosial dengan gejala nonsosial.
  3. Ciri-cii umum semua jenis gejala sosial.
  • Roucek dan Warren, mengemukakan bahwa sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antarmanusia dalam kelompok-kelompok.
  • William F. Ogburn dan Mayer F. Nimkoff, mengemukakan bahwa sosiologi adalah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial dan hasilnya adalah organisasi sosial.
  • J.A.A. van Doom dan C.J. Lanimers, mengemukakan bahwa sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang struktur-struktur dan proses-proses kemasyarakatan yang bersifat stabil.
  • Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi, menyatakan bahwa sosiologi atau ilmu masyarakat adalah ilmu yang mempelajari struktur sosial dan proses-proses sosial, termasuk perubahan sosial.
  • Auguste Comte, mengemukakan bahwa sosiologi adalah ilmu yang mempelajari manusia sebagai makhluk yang mempunyai naluri untuk senantiasa hidup bersama dengan sesamanya. Artinya, sosiologi mempelajari segala aspek kehidupan bersama yang terwujud dalam asosiasi-asosiasi, lembaga-lembaga, maupun peradaban.
Sumber Pustaka: Yudhistira