Pentingnya Pengakuan Suatu Negara Oleh Negara Lain

Pentingnya Pengakuan Suatu Negara Oleh Negara Lain



Tata hubungan internasional menghendaki status negara merdeka sebagai syarat yang harus dipenuhi. Pengakuan dan negara lain juga merupakan modal bagi suatu negara untuk diakui sebagai negara yang merdeka. Pengakuan negara terhadap negara lain dapat dibedakan menjadi dua, yaitu pengakuan secara de Facto dan de Jure.

Pengakuan Secara de Facto


Pengakuan de Facto diberikan oleh suatu negara kepada negara lain yang telah memenuhi unsur-unsur negara, seperti negara tersebut telah ada pemimpinnya, ada rakyatnya, dan ada wilayahnya. Pengakuan de facto menurut sifatnya dapat dibedakan sebagai berikut.


  1. Bersifat tetap, artinya bahwa pengakuan dan negara lain dapat menimbulkan hubungan bilateral di bidang perdagangan dan ekonoini (konsul), untuk tingkat diplomatik belum dapat dilaksanakan.
  2. Bersfat sementara, artinya bahwa pengakuan yang diberikan oleh negara lain tidak melihatjangka panjang apakah negara itu eksis atau tidak. Apabila ternyata negara tersebut tidak dapat bertahan maka pengakuan terhadap negara itu dapat ditarik kembali.

Pengakuan Secara De Jure


Pengakuan secara de jure artinya pengakuan terhadap sebuah negara secara resini berdasarkan hukum dengan segala konsekwensinya. Terdapat dua macam pengakuan secara de jure, yaitu sebagai berikut.
  1. Pengakuan dejure yang bersifat tetap, ini berlaku untuk selama-lamanya sampai pada waktu yang tidak terbatas.
  2. Pen gakuan dejure yang bersfatpenuh, ini mempunyai dampak dibukanya hubungan bilateral di tingkat diplomatik dan konsul sehingga masingm asing negara akan menempatkan perwakilannya di negara tersebut yang biasanya dipimpin oleh seorang duta besar yang berkuasa penuh.
Pengakuan tersebut mempunyai makna penting bagi suatu negara, yaitu diakuinya keberadaan suatu negara, dapat membuka hubungan bilateral dan multilateral, dapat menempatkan perwakilannya sebagai pengutusan tetap di lembaga-lembaga internasional dan ikut serta melaksanak√°n ketertiban dunia.
Sumber Pustaka: Ganeca Exact