Pentingnya Sakap Politik Warga Negara Dalam Kehidupan Politik

Pentingnya Sakap Politik Warga Negara



Sikap politik warga negara berkaitan erat dengan kedudukan, hak, dan kewajibannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dalam kehidupan politik banyak sekali kebijakan yang dibuat pemerintah yang ditujukan kepada warganya. Warga negara memberikan reaksi terhadap kebijakan yang dikeluarkan tersebut. Ada yang menerima sebagaimana adanya, ada yang menyatakan penolakan, dan ada pula yang lebih suka diam tanpa melakukan reaksi apa-apa. Sebagai bagian dan negara maka warga negara perlu memiliki dan menyatakan sikap politiknya berkaitan dengan persoalan politik yang ditujukan kepada masyarakat.



Kebijakan penyelenggara negara yang baik perlu disikapi dengan baik pula dan didukung agar kebijakan tersebut dapat berjalan lancar. Pada dasarnya pemerintah adalah penyelenggara kebijakan yang berasal dan rakyat. Pemerintah berusaha agar kebijakan itu baik sehingga mendapat dukungan dan warga negara. Kebijakan yang tidak baik, dalam arti merugikan masyarakat banyak dan hanya menguntungkan sekelompok kecil masyarakat bahkan penyelenggara negara sendiri, tentu saja ditolak rakyat. Rakyat akan menyatakan ketidaksetujuannya atas kebijakan tersebut dengan menolak, tidak suka, tidak puas, dan sikap menentang.

Ketika mengetahui banyak dan warganya yang menolak maka penyelenggara negara dapat mempertimbangkan kelangsungan kebijakan tersebut, memperbaiki, menunda, bahkan dapat saja menghentikannya.

Dengan demikian, sikap politik penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Bagi warga negara, sikap politik yang dinyatakan adalah wujud dan kesadaran dan partisipasinya terhadap penyelenggaraan negara. Bagi pemerintah, sikap politik warga negaranya digunakan sebagai umpan balik atau penilaian atas kebijakan yang telah dikeluarkan. Dengan mengetahui sikap politik warga negara, pemenintah dapat menilai kebijakan tersebut diterima atau ditolak masyarakat. Selanjutnya dapat ditentukan apakah akan dilanjutkan kembali atau akan diberhentikan.
Sumber Pustaka: Sinar Grafika