Situasi Dan Kondisi Ekonomi Prancis Pada Saat Menjelang Revolusi

Situasi Dan Kondisi Ekonomi Prancis Pada Saat Menjelang Revolusi



Masa ancien reginze ditandai dengan hancurnya perekonomian negara. Beberapa menteri keuangan mencoba menghapus penyebab kebangkrutan itu. Turgot, Necker, dan Calonne berusaha mengangkat kembali kemakmuran Prancis. Usaha mereka tidak menuai hasil sebab terbentur oleh kepentingan kaum bangsawan yang tidak ingin kehilangan hak-hak istimewanya.

Pada masa pemerintahan Raja Louis XVI, Prancis mengalami kemerosotan kemakmuran. Panen yang terlalu melimpah.menyebabkan harga gandum dan anggur turun. Musim kering di tahun 1785 yang berkepanjangan menjadikan Prancis kekurangan bahan makanan temak sehingga kawanan temak terpaksa harus dibunuh. Pada tahun 1788 turun hujan es di sebagian besar wilayah Prancis yang berakibat gagalnya panen gandum. Sungai-sungai membeku, kincir-kincir air tidak dapat berputar, dan terjadilah kekurangan tepung gandum.



Krisis pertanian ternyata diikuti pula oleh krisis industri. Beberapa negara di Eropa, di antaranya Spanyol berusaha menutup din dan ekspor tekstil Prancis. Nyatanya, Prancis memang kalah bersaing dengan Inggris. Bahkan pasar-pasar Prancis selalu dipenuhi produk-produk Inggris. Akhirnya, banyak 2 perusahaan Prancis mengalami kerugian sebelum kemudian gulung tikar. Ribuan buruh menjadi pengangguran. Mereka tidak mempunyai keterampilan apa pun selain menjadi pekerja. Mereka tersebar di desa-desa. Akibatnya, pengemis, perampok, dan pengacau menjadi sebuah pekerjaan yang biasa.

Krisis ekonomi telah memperprah kondisi keuangan pemerintah Prancis. Apalagi Prancis terlibat jauh dalam Perang Kemerdekaan Amerika. Keadaan mi diperparah oleh kebiasaan kalangan istana yang senang mengadakan pesta-pesta, membangun rumah mewah, dan berbagai kegiatan yang menghamburkan uang negara. Orang yang dianggap paling banyak menghabiskan kas negara ialah Ratu Marie Antoinette. Ratu mi sangat dibenci rakyat hingga ia diberi julukan Madame Deficit, yaitu ratu yang menyebabkan berkurangnya kas negara.
Sumber Pustaka: Yudhisitira