Upaya Untuk Berprestasi Dalam Berbagai Bidang

Upaya Untuk Berprestasi Dalam Berbagai Bidang



Setiap manusia telah diberikan oleh Tuhan berbagai macam potensi, baik yang bersifat fisik (psikomotorik), mental intelektual, sosial-emosional, mental spiritual, maupun ketahan malangan. Semua potensi tersebut pada din setiap manusia akan berubah dan berkembang sejalan dengan tingkat perkembangan baik pada faktor internal individu itu sendiri maupun lingkungan tempat kita berada.

Berbagai upaya untuk berprestasi yang dilakukan oleh setiap manusia, tentu saja telah ilakukan melalui cara-cara dan pemahaman sesuai dengan tingkat pengetahuan dan pemahaman yang dimiliki. Beberapa upaya manusia untuk berprestasi dilakukan antara lain melalui hal-hal berikut.


  1. Semenjak usia dini telah dilakukan pencarian bibit-bibit berbakat.
  2. Dididik dan dilatih secara bertahap serta terprogram dengan balk.
  3. Secara periodik diadakan evaluasi dan diberikan umpan balik (feedback).
  4. Diuji coba melalui kompetisi dan yang level reguler, eksibisi sampai dengan yang profesional.
  5. Berkompetisi secara profesional dalam jangka waktu tertentu.
Salah satu hal yang mendorong lahirnya suatu prestasi adalah keberlanjutan. Maksudnya, cetelah seseorang menyadari bahwa dirinya meiniliki potensi di suatu bidang maka dia akan terus-menerus berupaya untuk mengembangkan potensi tersebut menjadi kemampuan utama yang dimilikinya. Tentu saja dalam perjalanannya dibutuhkan evaluasi. Tanpa evaluasi, sesorang tidak akan mampu mengukur sejauh mana kemampuannya. Selain itu evaluasi juga dapat dijadikan sebagai pijakan untuk memperbaiki din. Seperti halnya di sekolah. Di setiap akhir semester mungkin bapak/ibu guru memberikan soal-soal ujian. Dan hasil pekerjaan masingm asing siswa akan diketahui bagaimana prestasi belajar siswa. Hasil tersebut diharapkan dapat menjadi pemacu untuk meningkatkan semangat belajar agar siswa memperoleh nilai yang lebih baik di masa datang. Dengan deinikian, proses belajar yang dilakukan oleh siswa akan terus berlanjut.

Dari uraian di atas, jelas bahwa untuk mewujudkan sebuah prestasi dalam berbagai bidang kehidupan bukanlah sesuatu yang kebetulan atau apa adanya. Untuk sebuah prestasi dalam bidang apapun harus direncanakan dan dilaksanakan secara baik dan profesional. Kita tidak akan temukan seseorang yang malas, kurang kerja keras, dan mudah puas dengan apa adanya tiba-tiba memiliki prestasi. Jadi, upaya untuk berprestasi merupakan optimalisasi pemberdayaan dan pengembangan potensi din yang terus menerus, tidak lekang karena panas dan tidak lapuk karena hujan.
Sumber Pustaka: Erlangga