4 Jenis Sejarah (Sosial, Ekonomi, Nasional Dan Dunia) Dan Contohnya

4 Jenis Sejarah (Sosial, Ekonomi, Nasional Dan Dunia) Dan Contohnya



Telah dijelaskan bahwa Sebagai ilmu, sejarah dapat mencakup segala aspek kehidupan manusia. Karena sangat luasnya aspek yang diamati, maka sejarah dapat dibagi atas beberapa jenis berdasarkan pada objek kajian atau tema, wilayah kajian, cakupan wilayah, dan tingkat kekunoan. Contoh jenis sejarah berdasarkan objek kajian atau tema, antara lain Sejarah Sosial, Sejarah Ekonomi, dan Sejarah Maritim.

Berikut ini akan dibahas beberapa jenis sejarah tematik atau jenis sejarah mengenai aspek kajian dan jenis sejarah yang mencakup wilayah pembahasan.



Sejarah Sosial


Bahan kajian sejarah sosial menekankan pada aspek-aspek sosial dalam kehidupan masyarakat masa lalu. Berbicara mengenai sejarah sosial, orang tidak mungkin melepaskan din dan sejarah perekonomian, sejarah politik, dan sejarah pendidikan. Contoh sejarah sosial, inisalnya penerapan perbedaan ras oleh pemerintah colonial Belanda selama berkuasa di Indonesia. Mereka menempatkan keturunan Eropa sebagai masyarakat kelas satu, bangsa Timur Asing sebagai golongan kelas dua dan bangsa Indonesia ditempatkan pada posisi terakhir.

Sejarah Ekonomi


Sejarah ekonomi mengkaji perkembangan peekonomian suatu masyarakat atau suatu bangsa. Pada dasarnya suatu bangsa dapat mengembangkan peekonomiannya, tidak hanya tergantung dan sumber daya alamnya, tetapi yang lebih penting dan itu adalah sumber daya manusianya. Bangsa yang suka belajar dan bekerja keras, lebih cepat membangun peekonomiannya.

Contohnya Jepang. Walaupun negeri Jepang miskin akan sumber daya alamnya, tetapi karena masyarakatnya yang suka bekerja keras, belajar, dan memiliki disiplin tinggi, Jepang menjadi salah satu negara paling maju di dunia.

Sejarah Nasional


Setiap bangsa memiliki sejarah bangsanya (Sejarah Nasional). Begitu pula bangsa Indonesia memiliki Sejarah Nasional Indonesia, yang dimulai dan Zamãn Prasejarah hingga Indonesia Modern. Sebagai anak bangsa, kita patut dan wajib mengetahui sejarah bangsa kita. Karena dengan mengetahui sejarah bangsa sendiri, akan menimbulkan rasa bangga dan cinta tanah air.

Sejarah Dunia


Sejarah Dunia membahas berbagai peristiwa penting yang dampaknya terasa tidak hanya oleh masyarakat dan satu negara atau wilayah tertentu, tetapi juga seluruh masyarakat dunia. Contohnya, Peristiwa Perang Dunia I mengakibatkan malaise atau kesulitan ekonomi yang melanda dunia.
Sumber Pustaka: Yudhistira