Akibat Modernisasi Dan Politik Imperialisme Jepang

Akibat Modernisasi Dan Politik Imperialisme Jepang



Industri Jepang maju dengan pesat sejak terjadinya modemisasi tahun 1868, begitu pula dengan jumlah penduduk semakin bertambah sehingga berpengaruh pada bidang. ekonomi. Keadaan ini semakin kompleks ketika diketahui luas lahan tidak seimbang dengan jumlah penduduknya. Sementara itu perlombaan negara-negara Barat untuk mendapatkan daerah-daerah jajahan di Oseanja, Asia, dan Afrika diperhatikan dengan saksama oleh Jepang. Oleh karena itu, ketika Jepang merasa dirinya telah kuat timbul keinginan untuk mengikuti jejak bangsa-bangsa Barat dalam usaha untuk mendapatkan daerah-daerah jajahan. Perlahan-lahan Jepang bergerak menjadi negara imperialisme dan ikut bersaing dengan negara-negara dunia Barat.

Menjelang akhir abad. ke-19 (1894-1895) terjadi perang Jepang-Cina. Dalam perang ini Jepang memperoleh kemenangan. Jepang menuntut kepada Cina 21 pasal dan juga menuntut wilayah-wilayah seperti Semenanjung Liao Tsung dan Pulau Taiwan (Formosa) serta beberapa daerah kecil dan termasuk bulan, walaupun mendapatkan perlawanan sengit dan Cina. Untuk menghindari reaksi lebih jauh lagi dan dunia luar, maka pada tahun 1932 didirikan Kerajaan Manchuria dengan Henry Pu-Yi sebagai rajanya (bekas raja Cina dan Dinasti Mandsyu).



Pertikaian tentara Jepang dengan Cina terus berkobar. Dalam tahun 1937 diawali dengan terjadinya insiden di atas jembatan Marco Polo, Jepang dengan persenjataan yang serba modern mengadakan pendaratan secara besar-besaran di Cina Utara dan Tengah. Setelah insiden itu, Presiden Cina Chiang Kai Shek memaklumkan bahwa telah terjadi perang antara Cina dengan Jepang. Dengan adanya perang Jepang - Cina mulailah rencana Baron Tanaka merebut wilayah-wilayah yang ada di Laut Selatan dan Asia Timur Raya. Perang ini ternyata menggoncangkan suasana di daerah Pasifik, sehingga masing-masing negara yang sedang berkuasa pada saat itu di daerah Pasifik memperkuat kedudukannya, sehingga tanda-tanda akan meletusnya Perang Pasifik mulai tampak nyata.
Sumber Pustaka: Erlangga