Berani Membela Kebenaran Dan Keadilan Serta Sikap Hormat Menghormati

Berani Membela Kebenaran Dan Keadilan Serta Sikap Hormat Menghormati



Prinsip hidup berdampingan secara damai tidak barus mengalah pada tindakan lalim dan kejam yang akan merampas hak-hak bangsa yang merdeka. Akan tetapi, sebagai bangsa yang cinta damai dan kemerdekaan harus berani melawan tindakan yang anarki. tirani. dan kolonialis. Semua warga dunia harus berpegang prinsip berani karena benar dan adil. Contoh: Bangsa Indonesia mendukung perjuangan Palestina karena Indonesia menganggap bahwa tindakan Israel kepada Palestina ialah tindakan yang tidak benar dan tidak adil.



Sikap Hormat Menghormati dan Bekerja Sama


Prinsip yang dianut oleh bangsa Indonesia dalam upaya meiujudkan dunia yang tertib, aman, damai, dan sejahtera, yaitu saling menghormati dan bekerja sama antarbangsa. Setiap negara wajib menghormati kedaulatan negara lain dengan cara tidak melakukan tindakan-tindakan yang bersifat mencampuri urusan dalam negeri negara lain, tidak melakukan penyerangan. tidak melakukan penjajahan, dan tidak melakukan provokasi yang sifatnya fitnah dan permusuhan.

Untuk dapat mewujudkan hal tersebut, diperlukan kebersamaan antarnegara, yaitu dengan melakukan kerja sama antarnegara atas dasar saling menghormati dan saling menguntungkan. Setiap negara memiliki kelebihan dan kelemahan. Oleh karena itu, dalam hidup bernegara seharusnya kita dapat memanfaatkan kelebihan dan menutup kelemahan, seperti Indonesia yang memiliki kelebihan secara geografis, yaitu letaknya yang sangat strategis, wilayahnya yang luas, dan kekayaan alamnya yang berlimpah. tetapi di sisi lain SDM (Sumbei’ Daya Manusia) Indonesia masih kalah bila dibandingkan dengan SDM negara lain.

Beberapa kerja sama yang telah dilakukan oleh negara Indonesia dengan negara lain inisalnya:
  1. Indonesia menjadi penggerak utama dalam pendirian organisasi negara-negara di kawasan Asia Tenggara yang sering disebut ASEAN.
  2. Indonesia aktif menjadi anggota OPEC bergabung dengan negara-negara produsen pengekspor ininyak.
  3. Indonesia menjadi penggerak dan pendiri lahirnya Gerakan Non-Blok. Negara Indonesia sampai sekarang masih aktif dan berpengaruh di dalam organisasi tersebut.
  4. Indonesia juga aktif berpartisipasi di dalam organisasi internasional (PBB), baik melalui organ yang pokok maupun organ yang khusus.
  5. Indonesia menjadi anggota APEC (Asia Pacific Econoinic Cooperation).
Sumber Pustaka: Ganeca Exact