Definisi Organisasi Secara Umum Dan Menurut Soerjono Soekanto

Definisi Organisasi Secara Umum Dan Menurut Soerjono Soekanto



Organisasi bukanlah suatu bentuk penemuan baru. Zaman dahulu para pharaoh (firaun) sudah memanfaatkan organisasi untuk membangun piramid. Begitu juga raja-raja di Indonesia zaman dahulu telah menggunakan organisasi guna membangun daerahnya. Organisasi yang ada di zaman sekarang berbeda dengan dahulu. Masyarakat modern memiliki lebih banyak organisasi. Semua organisasi tersebut mampu memenuhi kebutuhan masyarakat dan pribadi yang lebih beraneka ragam, mencakup jumlah penduduk yang lebih banyak, serta mampu memengaruhi sebagian besar segi kehidupan masyarakat.



Guna memahami lebih lanjut tentang organisasi. perlu kiranya kita pahaini definisi-definisi organisasi. Paul B. Horton berpendapat bahwa masyarakat bukañlah sekadar sejumLah orang yang mendiaini sebidang tempat, tetapi di dalamnyajuga terdapat interaksi, komunikasi, norma, dan nilai seperti halnya sebuah mobil bukanlah sekadar setumpuk kepingan besi. Oleh karena itu, jika digunakan sebagai kata benda, organisasi sosial berarti cara membagi para anggota masyarakat ke dalam kelompok-kelompok beserta tata cara tetap yang mereka ciptakan. 

Jika dipakai sebagai kata kerja, organisasi sosial merupakan suatu proses pembentukan kelompok-kelompok dan pengembangan pola-pola asosiasi dan perilaku tetap yang kita sebut sebagai lembaga sosial (social institution). Sementara itu, Talcott Parsons dalam bukunya Structure and Process in Modern Society, menyatakan bahwa organisasi adalah unit sosial (pengelompokan manusia) yang sengaja dibentuk dengan penuh pertimbangan dalam rangkã mencapai tujuan tertentu.

Definisi Organisasi Menurut Soerjono Soekanto


Menurut Soerjono Soekanto dalam Kamus Sosiologi-nya organisasi dapat diartikan
  1. sistem sosial yang dibentuk untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu;
  2. suatu kelompok yang mempunyai diferensiasi peranan;
  3. sekelompok orang yang sepakat untuk mematuhi seperangkat norma, sedangkan organisasi sosial dapat diartikan cara-cara perilaku manusia yang terorganisasi secara sosial.
Sumber Pustaka: Tiga Serangkai