Faktor Terjadi Dan Penghambat Asimilasi Beserta Penjelasannya

Faktor Terjadi Dan Penghambat Asimilasi Beserta Penjelasannya



Berikut ini adalah beberapa faktor terjadinya asimilasi dan faktor penghambat asimilasi.
  • Toleransi
Toleransi terhadap kelompok manusia yang memiliki kebudayaan berbeda dengan kebudayaan sendiri hanya mungkin tercapai dalam suatu akomodasi. Apabila toleransi mampu mendorong terjadinya komunikasi, faktor tersebut dapat mempercepat asimilasi.
  • Kesempatan yang seimbang di bidang ekonomi
Adanya kesempatan yang seimbang di bidang ekonomi bagi berbagai golongan masyarakat dengan latar belakang kebudayaan yang berbeda akan mempercepat proses asimilasi. Di dalam sistem ekonomi yang demikian, masing-masing individu mendapat kesempatan sama untuk mencapai kedudukan tertentu atas dasar kemampuan dan jasa jasanya. Proses asimilasi dipercepat karena kenyataan yang demikian dapat rienetra1isasi perbedaan kesempatan yang diberikan sebagai peluang oleh kebudayaan-kebudayaan yang berlainan tersebut.


  • Sikap menghargai orang asing dan kebudayaannya
Sikap saling menghargai kebudayaan yang didukung oleh masyarakat yang masing-masing mengakui kelemahan dan kelebihannya akan menjadi pendukung kebudayaan tersebut. Apabila ada prasangka, akan menjadi penghambat berlangsungnya proses asimilasi.
  • Sikap terbuka dan golongan yang berkuasa dalam masyarakat
Sikap terbuka dan golongan yang berkuasa di dalam masyarakat juga mempercepat proses asimilasi. Misalnya, memberikan kesempatan yang sama bagigolongan minoritas untuk memperoleh pendidikan, pemeliharaan kesehatan, dan penggunaan tempatt empat rekreasi.
  • Persamaan dalam unsur kebudayaan
Pengetahuan akan persamaan unsur pada kebudayaan yang berlainan akan lebih mendekatkan masyarakat pendukung kebudayaan yang satu dengan lainnya. Pengenalan yang mendalam dan luas terhadap kebudayaan-kebudayaan khusus (subgroups) menjadi pendukung masing-masing kebudayaan tersebut.
  • Perkawinan campuran
Perkawinan campuran (anialganiation) agaknya mer upakan faktor yang paling menguntungkan bagi
lancarnya proses. asimilasi. Hal itu terjadi apabila seorang warga dan golongan tertentu menikah dengan warga golongan lain.
  • Adanya musuh bersama dan luar
Adanya musuh bersama dan luar cenderung memperkuat persatuan masyarakat atau golongan masyarakat yang mengalaini ancaman tersebut. Dalam keadaan deinikian antara golongan ininoritas dan mayoritas akan mencari komproini agar dapat secara bersama-sama menghadapi ancarnan-ancaman dan luar yang membahayakan seluruh masyarakat.

Faktor-Faktor Penghambat Asimilasi


Faktor-faktor yang menghambat terjadinya asimilasi adalah sebagai berikut.
  1. Terisolasinya kebudayaan golongan tertentu di dalam masyarakat.
  2. Kurangnya pengetahuan golongan tertentu mengenai kebudayaan yang diiniliki golongan lain di dalam masyarakat.
  3. Adanya perasaan takut kepada kekuatan kebudayaan kelompok lain yang dirasakan oleh warga suatu kelompok tertentu.
  4. Adanya perasaan bahwa suatu kebudayaan golongan atau kelompok tertentu lebih tinggi daripada golongan atau kelompok lainnya.
  5. Adanya perbedaan ciri badaniah antarkelompok, misalnya warna kulit. Hal itu menandakan bahwa perbedaan antarkelompok yang ada tidak hanya bersifat kebudayaan, tetapi juga rasial.
  6. Adanya perasaan in group feeling yang kuat. Artinya, para warga kelompok yang ada itu merasa sangat terikat kepada kelompok dan kebudayaan masing-masing.
  7. Adanya gangguan diskriininatif yang dilancarkan oleh golongan yang berkuasa terhadap golongan minoritas.
  8. Adanya perbedaan kepentingan pribadi antarwarga atau kelompok.