Indonesia Mendukung Kerja Sama Di Berbagai Kawasan

Indonesia Mendukung Kerja Sama Di Berbagai Kawasan



Dalam usia yang relatif masih muda, sejarah telah mencatat bahwa Negara Indonesia telah menunjukkan reputasi dan prestasi yang bertaraf internasional, yaitu dengan berhasilnya menggalang solidaritas kerja sama di kawasan Asia dan Afrika pada tahun I 955. yang sering kita kenal dengan “Ionferensi Asia Afrika”.

Konferensi Asia Afrika yang telah diprakarsai oleh lima negara, satu di antaranya Indonesia, telah menghasilkan “Dasa Sila Bandung” yang merupakan suatu bukti nyata bahwa Indonesia meiniliki komitmen yang tinggi dalam mendorong dan mendukung kerja sama internasional menuju kehidupan yang damai, sejahtera, dan berkeadilan sosial.



Pada saat terjadi perang di berbagai kawasan, Indonesia tidak berdiam diri tetapi dengan dilandasi jiwa Pancasila dan UUD 1945, kita selalu mengirimkan pasukan Garuda bergabung dengan pasukan PBB ikut berpartisipasi aktif dalam mewujudkan perdamaian dunia. Ketika dunia sedang dilanda perang dingin, Indonesia dan negara-negara yang tergabung dalam Gerakan Non-Blok telah berhasil menyerukan kekuatan moral kepada negara adi kuasa untuk tidak melakukan tindakan-tindakan fatal yang dapat memusnahkan kehidupan umat.

Pada tahun 1960 diadakan perundingan oleh beberapa negara di kawasan Timur Tengah, yaitu Kuwait, Iran, Irak, Arab Saudi. dan Venezuela, yang telah menyepakati untuk membentuk OPEC (Organization of Petroleum Exporting Countries), yaitu kerja sama negara-negara produsen ininyak. Pada perkembangan berikutnya, Indonesia bergabung dengan OPEC. Melalui kerja sama ini bangsa Indonesia dapat berperan aktif bersama-sama anggota lainnya untuk membantu negara-negara berkembag lainnya dalam mempercepat proses pembangunan.

Pada tanggal 8 Agustus 1967, lima negara di kawasan Asia Tenggara (Indonesia, Malaysia, Singapura, Philipina, dan Thailand) telah bersepakat membentuk organisasi yang bernama ASEAN (Association of South East Asian Nations). Berdasarkan Dekiarasi Bangkok. organisasi ini bergerak di bidang ekonomi. sosial. dan kebudayaan. Tekad dan kemauan Indonesia bersama-sama dengan beberapa negara di kawasan Asia Tenggara dalam membentuk ASEAN merupakan bukti bahwa Indonesia telah mendorong dan mendukung keija satna regional.
Sumber Pustaka: Ganeca Exact