Kedatangan Bangsa Inggris Di Indonesia

Kedatangan Bangsa Inggris Di Indonesia



Sejak abad ke-17, para pedagang Inggris sudah berdagang sampai di daerah India. Di India Timur, para pedagang Inggris mendirikan kongsi dagang yakni East India Company (FTC) pada tahun 1600, dengan daerah operasinya adalah India. Pusat kekuasaan ETC adalah di Kalkuta (India), dan dan kota inilah Inggris meluaskan wilayahnya ke Asia Tenggara. Pada abad ke-18 para pedagang Inggris juga sudah banyak berdagang di Indonesia, sehingga sekaligus menjadi saingan VOC (Belan\da). Bahkan sejak Belanda menjadi sekutu Perancis, Inggris selalu mengancam kedudukan Belanda di Indonesia.



Di bawah Gubernur Jenderal Lord Mrnto yang berkedudukan di Kalkuta (India) dibentuk ekspedisi Inggris untuk merebut daerah daerah kekuasaan Belanda yang ada di wilayah Indonesia. Pada tahun 1811, Thomas Stamford Raffles telah berhasil merebut seluruh wilayah ke1an Belanda di Indonesia Raffles yang diangkat sebagai pemimpin Inggris atas wilayah Indonesia memberikan kesempatan kepada penduduk Indonesia untuk melaksanakan perdagangan bebas Walaupun demikian kekuasaan Inggris tetap bersifat memndas bangsa Indonesia Hubungan antara Indonesia dengan Eropa hampir seluruhnya dikuasai oleh Inggris.

Tetapi berdasarkan Perjanjian London tahun 1815 Inggris diharuskan mengembalikan wilayah kekuasaannya di Indonesia kepada Belanda Dan pada tahun 1816 Inggris melaksanakan kewajibannya itu.
Sumber Pustaka: Erlangga