Makna Kesiapan Berkompetisi Secara Sehat Dengan Orang Lain

Makna Kesiapan Berkompetisi Secara Sehat Dengan Orang Lain



Kesiapan berkompetisi secara sehat mengandung makna kesiapan mental kita untuk bersaing dengan orang lain secarajujur, terbuka, sportif dengan segala risikonya, yaitu ikhlas menerima dan mengakui keunggulan orang lain apabila orang lain memang lebih unggul daripada kita tanpa mencari alasan untuk membela diri. Sebaliknya, kita harus merasa yakin dan percaya diri apabila keunggulan berpihak kepada diri kita tanpa harus menyombongkan diri dan meremehkan orang lain.



Mengapa Kita harus Siap Berkompetisi


Dalam era global yang ditandai oleh beberapa kemajuan teknologi, kita harus senantiasa mempersiapkan diri untuk berkompetisi dengan orang lain guna mendapatkan peluang yang lebih bagus. Kompetisi atau persaingan merupakan fenomena yang tidak mungkin dihindarkan. Hal ini didasarkan pada kenyataan sosial bahwa semua manusia sama-sama memiliki keinginan dan kebutuhan yang satu sama lain terjadi secara bersamaan. Oleh karena itu, kompetisi merupakan suatu penyelesaian yang paling sehat walaupun bagi yang tidak siap harus dengan rasa sedih dan duka menerima pil pahit yang menyedihkan.

Apabila ingin maju, kita sebaiknya tidak perlu takut dan larut dengan dampak negatif dan kompetisi, tetapi kita harus melihat bahwa kompetisi memiliki dampak positif yang menjanjikan kemajuan masa depan. Kata orang pintar “tidak mungkin ada kemajuan tanpa kompetisi”.

Secara singkat dampak positif dan kompetisi, yaitu sebagai berikut:
  • Persaingan atau kompetisi dapat menetapkan standar
Dengan adanya persaingan atau kompetisi, kita dapat menentukan standar atau ukuran-ukuran tertentu untuk menentukan mana yang berkualitas dan mana yang tidak berkualitas, tanpa harus berpihak atau bersifat subjektif. Secara otomatis mereka yang tidak memenuhi standar akan kecil peluangnya untuk merebut prestasi puncak. Sebaliknya yang memenuhi standar, jalannya akan lebih mulus dan lebih unggul untuk merebut prestasi.
  • Persaingan atau kompetisi mendorong terciptanya energi
Dengan adanya persaingan atau kompetisi, para pihak yang bersaing akan berusaha memenangkan persaingan. Berbagai daya upaya yang berupa tenaga, pikiran, waktu, dan biaya dipersiapkan dan dikerahkan untuk menghadapi lawan.
  • Persaingan atau kompetisi dapat memicu prestasi
Dengan adanya persaingan atau kompetisi, kita dapat mengetahui seberapa jauh kemampuan dan prestasi kita dibandirigkan dengan kemampuan dan prestasi pihak lain. Dan sinilah kita bisa menganalisis apa kekurangan dan kelebihan kita. Apabila prestasi kita kurang baik, bila dibandingkan dengan prestasi orang lain, kita akan memacu diri untuk belajar dan berlatih dengan giat dan tekun agar pada suatu saat kita dapat menyamai atau bahkan mengungguli prestasi mereka. Apabila prestasi kita lebih baik daripada prestasi mereka, kita harus tetap menjaga dan mempertahankan prestasi tersebut agar jangan sampai dikalahkan oleh mereka.
Sumber Pustaka: Erlangga