Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Pada Masa Perang Kemerdekaan

Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia


Kemerdekaan Indonesia merupakan hasil perjuangan seluruh rakyat Indonesia. Kemerdekaan telah diperjuangkan dalam waktu cukup lama. Dengan demikian, kemerdekaan merupakan suatu proses perjuangan. Gerakan perjuangan itu dimulai dan perjuangan secara fisik, lalu kemudian dilanjutkan dengan perjuangan melalui organisasi politik. Perjuangan organisasi politik dan satu periode ke periode lain memuat aspirasi persatuan dan kemerdekaan.

Selama berabad-abad, semangat persatuan dan kemauan merdeka sudah lama hidup di dalam hati sanubari rakyat Indonesia. Banyak korban yang telah gugur dipersada Indonesia untuk merebut kemerdekaannya itu. Perjuangan bangsa Indonesia yang berlandaskan semangat persatuan dijiwai oleh cita-cita luhur serta berkat rahmat Tuhan Yang Mahakuasa, dan dengan didorong oleh amanat penderitaan raj.yat yang berjiwakan Pancasila. Salah satu landasan memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia para putera bangsa melandaskan din pada hak-hak azasi dan martabat manusia. Dengan deinikian, perjuangan kemerdekaan adalah usaha untuk membangun citra kehidupan yang memberikan tempat pada hak dan kewajiban kita sebagai bangsa Indonesia.



Penyerahan Jepang kepada Sekutu pada tanggal 14 Agustus 1945 merupakan titik balik yang paling menentuka dalam seluruh perjuangan rakyat Indonesia. Peristiwa penyerahan Jepang tak bersyarat kepada Sekutu itu merupakan titik awal yang membakar semangat para putra bangsa Indonesia untuk tampil memerdekakan dirinya sejajar dan setara dengan bangsa lain.

Semangat perang tentara Jepang telah luntur karena kelelahan dalam perang yang menyedihkan itu. Pengumuman penyerahan kekuasaan segera akan dilaksanakan, sementara itu ketidakseriusan tentara Jepang dalam menjaga wilayah2 Indonesia sebelum terjadinya penyerahan kekuasaan kepada pasukan Sekutu merupakan momentum puncak untuk mewujudkan citac ita kemerdekaan. Tentara pendudukan Jepang di Indonesia tidak menanggapi aspirasi gerakan bangsa Indonesia untuk merdeka, sehingga pada tanggal 17 Agustus 1945 bangsa Indonesia secara resmi memproklamirkan kemerdekaannya.

Tentara Sekutu tiba cli Indonesia untuk mengambil alih kekuasaan atas wilayah Indonesia dan tangan Jepang. Namun, ketika mereka mendarat ternyata mereka menemukan bangsa Indonesia telah merdeka. Proklamasi yang sangat cepat itu tidak dapat dibatalkan. Proklamasi atau pengumuman kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945 yang dibacakan oleh Soekarno Hatta atas nama bangsa Indonesia telah menggema dan membahana ke segenap pelosok Tanah Air. Maka tentara Sekutu harus berhadapan dengan sikap baru bangsa Indonesia dan menerima kenyataan bahwa bangsa Indonesia telah setara dan sederajat dengan bangsa lain. Dengan demikian, kehadiran mereka untuk mengakui bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang telah merdeka dan berdaulat.

Dengan Proklamasi itu bangsa Indonesia yang selama berabad-abad dijajah telah berhasil melepaskan diri dan segala belenggu penjajahan. Bangsa Indonesia sudah siap untuk membangun perumahan baru, yaitu perumahan Negara Republik Indonesia.

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945 merupakan sumber hukum bagi pembentukan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia telah mewujudkan negara Repubhk Indonesia dart Sabang sampai Merauke Namun, negara yang diproklamasikan kemerdekannya itu hanyalah alat untuk mencapai cita-cita bangsa dan tujuan negara, yaitu membentuk masyarakat Indonesia adil dan makmur yang berdasarkan Pancasila.
Sumber Pustaka: Erlangga